Terhitung 2024, DKI Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota Indonesia

IKN Dikebut, 2024 DKI Jakarta Tak Lagi Jadi Ibu Kota Negara (Setkab.go.id)

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan keputusan presiden (keppres) perpindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara pada 2024 mendatang.

Bambang mengungkapkan sembari menunggu hingga Keppres dikeluarkan pihaknya akan terus menyiapkan IKN agar bisa layak huni pada tahun tersebut. Keppres tersebut mengesahkan pemindahan IKN dari Jakarta ke Nusantara.

Ia menyebut sejak saat ini pihaknya akan secara bertahap menyiapkan pemindahan termasuk untuk layanan publik. Hingga saat ini Badan Otorita berencana untuk membuka satu kantor di IKN dalam waktu dekat.

"ini memang kami emban hingga 2024 dan manakala di 2024 presiden akan mengeluarkan Keppres yang menyatakan bahwa ya ibu kota (Jakarta) akan pindah ke IKN Nusantara pada 2024 tersebut," ungkap Bambang.

Ia menyebut sejak saat ini pihaknya akan secara bertahap menyiapkan pemindahan termasuk untuk layanan publik. Hingga saat ini Badan Otorita berencana untuk membuka satu kantor di IKN dalam waktu dekat.

Tujuannya untuk mempermudah proses pemantauan dalam pembangunan IKN, selain telah membuka kantor di Jakarta, Badan Otorita juga telah membuka kantor di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Adapun dalam pasal 39 ayat (1) Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN), status ibu kota negara ialah DKI Jakarta hingga presiden mengeluarkan Keppres pemindahan secara resmi.

"Kedudukan, fungsi dan peran Ibu Kota Negara tetap berada di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sampai dengan tanggal ditetapkannya pemindahan Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke IKN Nusantara dengan Keputusan Presiden," bunyi pasal 39 ayat (1) UU IKN dilansir pada Selasa, 7 Februari 2023.

Sebelumnya terkait pemindahan ibu kota ke IKN pada 2024, Jokowi optimis dapat menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia di IKN. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories