Menarik Nih, Bisa Bikin Rumah Pakai Mesin Cetak 3D Raksasa

owa State University akan bangun perumahan 3D. (The Manufacturer)

Iowa State University (ISU) Amerika Serikat (AS) mengumumkan rencana untuk membangun perumahan terjangkau dengan mesin cetak 3D raksasa.

Pihak universitas yang berada di negara bagian Iowa itu mengumumkan bahwa Proyek Perumahan Teknologi 3D Inovatif Terjangkau dari College of Design akan membangun perumahan di Hamburg, Iowa. 

Perumahan yang akan dibangun di sebuah kota pedesaan itu sebagian didanai oleh Program Infrastruktur Strategis senilai US$1,4 juta. Lokasi itu sempat rusak parah akibat banjir yang terjadi pada 2019.

Printer 3D raksasa itu dilengkapi sistem gantry dengan nosel komputer yang mengeluarkan bahan beton dan mampu membangun perumahan hanya dalam hitungan hari.

Seorang asisten profesor desain di ISU, Pete Evans, mengatakan bahwa proyek ini bertujuan untuk membangun perumahan yang lebih terjangkau di Iowa.

“Sejak 2008, telah terjadi kekurangan di pasar perumahan. Itu adalah salah satu alasan, selama beberapa tahun terakhir, kami melihat lonjakan besar dalam harga dan permintaan rumah,” ujar Evans seperti dikutip TrenAsia.com dari pernyataan resmi ISU pada 24 Desember 2021.

Proyek perumahan di Hamburg ini akan membantu tim ISU memahami desain, keterjangkauan, zonasi dan kode bangunan, keterlibatan dan pelatihan masyarakat. Ini juga akan berlaku jika proyek itu akan diperluas ke lokasi lainnya.

"Ini akan mempercepat pembangunan perumahan yang terjangkau sehingga kami dapat mengotomatisasi beberapa fungsi itu, dan juga membangun lebih banyak rumah dalam waktu lebih cepat dengan biaya lebih rendah," kata Evans kepada KCCI-TV seperti dikutip dari UPI. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories