Mitos Apa Fakta? Segelas Susu Hangat Bisa Membantu Orang Mudah Tidur

(null)

Saat menjelang tidur, orang sering melakukan berbagai ritual untuk membantu mereka mempersiapkan tidur malam yang nyenyak, seperti mandi air hangat atau melakukan yoga malam hari. Tapi bagaimana dengan tradisi minum secangkir susu hangat sebelum tidur? Apakah ada bukti ilmiah bahwa minum segelas tinggi akan membuat Anda mengantuk?

Jawabannya ternyata, beragam. Susu mengandung berbagai asam amino, bahan penyusun protein, yang dapat meningkatkan kualitas tidur dengan berbagai cara. Selain itu, jika meminum segelas susu hangat menenangkan Anda karena alasan pribadi, hal itu dapat membantu mengatur panggung untuk tidur malam yang sukses.

“[Salah satu] alasan susu hangat membuat orang mengantuk adalah karena mengingatkan Anda pada orang yang cukup baik untuk memberikannya kepada Anda ketika Anda masih muda,” kata Michael Breus, seorang psikolog klinis kepada Live Science Senin 20 Desember 2021.

Breus adalah spesialis tidur bersertifikat di California dan penulis buku "Good Night: The Sleep Doctor's 4-Week Program to Better Sleep and Better Health" (Dutton Adult, 2006). Menurutnya bayangan yang menenangkan dapat membantu menurunkan kecemasan sebelum tidur.

Pada tingkat molekuler, triptofan dalam susu memiliki sifat meningkatkan tidur. Triptofan adalah asam amino esensial yang berarti tubuh tidak dapat memproduksinya dab orang harus mendapatkannya dari makanan.

Setelah Anda menelan triptofan  dengan minum susu atau makan makanan seperti telur, kalkun, ikan, kedelai atau kacang tanah,  tubuh Anda menggunakannya antara lain, untuk membuat serotonin kimia otak yang pada gilirannya akan diubah menjadi hormon tidur melatonin. .

Melatonin biasanya diproduksi oleh otak sebagai respons terhadap kegelapan dan terlibat dalam pengaturan ritme sirkadian alami tubuh.

Serotonin di sisi lain, dikenal sebagai "hormon bahagia" dan diketahui menginduksi tidur dan terjaga, menurut sebuah makalah tahun 2002 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine Review.

Secara teori makan makanan atau minum susu yang kaya triptofan bisa membuat kita merasa mengantuk, karena tubuh mengubahnya menjadi hormon yang meningkatkan kualitas tidur.

Untuk alasan yang sama, ada mitos populer bahwa makan makanan kaya triptofan seperti kalkun saat makan malam Thanksgiving adalah alasan orang merasa mengantuk setelah makan malam keluarga besar.

Namun pada kenyataannya dibutuhkan banyak triptofan untuk membuat seseorang merasa lesu. Jauh lebih banyak daripada yang ada dalam segelas susu atau satu porsi kalkun.

Jika Anda minum sekitar 2 galon (7,6 liter) itu mungkin membuat Anda merasa mengantuk, “Tetapi Anda akan sangat sakit karena meminum susu dalam jumlah banyak, “kata Breus. Anda bahkan mungkin merasa mual  karena dua galon susu lemak utuh setara dengan lebih dari dua kali lipat asupan kalori yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Bahkan jika seseorang meminum susu sebanyak itu, tidak jelas apakah triptofan dosis tinggi akan cukup untuk membuat mereka merasa cukup mengantuk. Bagaimanapun susu mengandung banyak senyawa lain yang bersaing untuk memasuki otak kita melalui darah kita.

Lin Zheng dan Mouming Zhao, ilmuwan makanan di South China University of Technology setuju bahwa efek triptofan dalam susu yang menginduksi tidur terbatas.

"Tryptophan harus bersaing dengan asam amino netral besar lainnya seperti leusin, isoleusin, tirosin, fenilalanin, dan valin  untuk melintasi penghalang darah-otak agar memiliki efek pada tidur," kata mereka kepada Live Science melalui email. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories