Panduan Diet Ampuh Agar Perut Mengecil Secara Sehat

Tips Diet Sehat dan Efektif untuk Mengecilkan Perut (pexels)

JAKARTA – Memiliki berat badan yang berlebih tidak hanya menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan tapi juga dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik. Berat badan yang tidak kunjung turun meskipun Anda sudah melakukan diet bisa membuat Anda menjadi frustasi. Apalagi jika Anda sangat terpaku dengan angka timbangan. 

Maka dari itu, diet untuk menurunkan berat badan penting dilakukan. Diet adalah aktivitas untuk turunkan berat badan yang banyak jenisnya, mulai dari diet vegan hingga diet karbohidrat. Tidak kalah penting mengevaluasi dan mencari tahu penyebab berat badan Anda stagnan meski sudah berusaha menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga lantaran rutinitas yang padat. Tidak semua olahraga diet memakan waktu, ada beberapa gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan sebelum tidur untuk menghilangkan lemak di perut. 

Perlu Anda ingat jangan berolahraga satu jam sebelum Anda tidur, karena berpotensi merusak kualitas tidur. usahakan untuk berolahraga beberapa jam sebelum tidur dan jangan melakukan latihan yang terlalu berat.

Tips Diet Menurunkan Berat Badan Ampuh dan Sehat

Mengetahui Body Mass Index (BMI)

Dikutip dari website Siloam Hospitals, Minggu, 4 Agustus 2024, langkah awal dalam program diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah mengukur indeks massa tubuh Anda. Langkah ini dapat menunjukkan informasi tentang berat badan serta status nutrisi Anda, apakah Anda sudah ideal, kurang, atau lebih.

Jika perhitungan BMI menunjukkan Anda memiliki berat badan berlebih, langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan program diet yang disesuaikan. Contoh, orang yang mengalami kelebihan berat badan (overweight) perlu menurunkan 5 hingga 10 persen dari berat pada awal pengukuran.

Indeks massa tubuh (BMI) menjadi acuan untuk rencana pola makan diet yang cocok supaya Anda mendapatkan berat badan ideal. Dengan memahami indeks massa tubuh, Anda dapat merencanakan diet yang tepat guna mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Makan Secukupnya

Tidak ada salahnya Anda makan sebanyak 3-5 kali sehari. Yang perlu diperhatikan di sini adalah membuat metabolisme tubuh Anda tetap seimbang. Hal itu dengan mengatur porsi makan yang tidak berlebihan sesuai dengan jumlah kalori harian yang direkomendasikan dan jumlah kegiatan yang dilakukan agar energi tubuh tetap stabil.

Tidak Melewatkan Sarapan Pagi

Mengawali dengan sarapan pagi supaya Anda dapat menjalani aktivitas tanpa hambatan, pastikan untuk sarapan dengan makanan sehat bergizi seimbang. Menu yang kaya dengan protein dan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, telur, dan nasi merah menjadi makanan yang bisa menurunkan berat badan.

Mengonsumsi Serat

Dengan memakan berserat tinggi dapat membantu Anda untuk menyerap gizi lebih baik dan memperlambat proses pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong. Sumber makanan yang bisa menurunkan berat badan seperti, buah-buahan, sayuran, sereal dari bahan gandum, biji dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Tips Diet Ala Orang Jepang, Menjaga Kesehatan dan Berumur Panjang

Dikutip dari berbagai sumber, mengatur pola makan saja tidak cukup untuk mencapai berat badan ideal. Dampingi diet sehat dengan olahraga secara rutin agar dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan efektif. Berikut olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan sebelum tidur untuk perut mengecil.

Sit Up

Sit up dapat melatih otot-otot di perut Anda, seperti core, sehingga membuatnya tampak lebih rata dan kencang. Sit up memiliki banyak variasi yang bisa menyasar berbagai bagian di perut. Olahraga ini juga tidak membutuhkan peralatan khusus, dan bahkan bisa dilakukan di atas kasur sebelum tidur.

Leg Raise

Olahraga ini juga salah satu hal simple yang bisa dilakukan sebelum tidur. Olahraga ini cocok Anda lakukan untuk mengurangi lemak membandel, terutama di perut bagian bawah. Selain itu leg raise juga bisa mengencangkan otot paha bagian dalam. Alhasil, tubuh bagian bawah akan tampak lebih ramping dan simetris.

Mountain Climber

Gerakan ini lebih ke arah kardio, olahraga ini dapat membantu Anda membakar kalori dan mendukung pengurangan lemak secara keseluruhan. mountain climber juga dapat mengencangkan beberapa otot pada tubuh, seperti bahu, lengan, dada, punggung, dan perut. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Prita Lyani Ayuninda pada 04 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 07 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories