Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama dengan India

(null)

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi ingin memperkuat kerjasama diberbagai bidang dengan Pemerintah India yang selama ini telah terjalin baik.

Terutama sekali melanjutkan kerjasama sister city dengan Kota Chennai, Ibukota Negara Bagian Tamil Nadu, ketika Buya Mahyeldi masih menjabat Walikota Padang.

Hal itu terungkap saat Gubernur Mahyeldi menerima kunjungan Konsul Jenderal India, Subham Singh, di ruang tamu Istana Kompleks Gubernuran Sumbar kemarin.

Dalam pertemuan itu, Konjen dan gubernur membahas berbagai hubungan kerjasama antara Sumatera Barat dengan India yang selama ini telah terjalin baik, bisa lebih ditingkatkan.

Gubernur Mahyeldi menyambut baik kehadiran Konjen India ke Sumbar dalam rangka penguatan kerjasama antara India dengan Sumbar. Buya Mahyeldi juga ingin perkuat hubungan yang terjalin baik dan ditingkatkan menjadi sister province dengan Tamil Nadu.

Subham Singh sangat setuju dengan keinginan gubernur dan mengungkapkan, peluang kerjasama antara Provinsi Sumbar dengan Tamil Nadu sangat besar karena jarak yang dekat, dan sama-sama berada di kawasan peisisr pantai. Apalagi Gubernur Mahyeldi sudah pernah berkunjung dan menjalin kerjasama dengan Chennai, Ibukota Tamil Nadu.

"Saya sangat senang sekali jika gubernur berkeinginan melanjutkan kerjasama ini. Tamil Nadu saat ini sedang giat melakukan pengembangan pariwisata dan perdagangan. Antara Sumatera Barat dengan Tamil Nadu juga banyak kesamaan, dan menurut saya komunitas India yang ada di Sumatera banyak berasal dari Tamil Nadu," ujar Subham Singh.

Konjen Subham juga menyinggung ekspor rempah dari Sumbar ke India yang sangat besar artinya bagi India.

Ia juga mengapresiasi pembangunan infrastruktur di Sumbar, dan meminta agar gubernur juga bisa mengajak investor dari India untuk bisa ikut berinvestasi di Sumbar.

Buya Mahyeldi merespon permintaan tersebut dan meminta kepala OPD terkait untuk segera menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan agar investasi dari India bisa hadir di Sumbar.

"Insyaallaah kita akan segera siapkan. Dulu kita juga sudah presentasi di Chennai dan kita melihat India memang sangat maju dalam berbagai hal, terutama di sektor teknologi informasi, dan pengobatan medis," ujar Buya Mahyeldi.

Gubernur juga mengundang industri film India yang sudah ternama supaya bisa menjalin kerjasama dengan cineas cineas muda Ranah Minang dan melakukan syuting film di Sumbar.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Subham sekaligus mengundang Gubernur Mahyeldi sebagai tamu kehormatan pada peringatan kemerdekaan India Agustus mendatang di Konsulat Jenderal India, di Medan. (rel)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories