Tips Pilih Mobil Baru Buat Pemula Biar Tak Kecewa Selamanya

Ilustrasi mobil baru.

Bukan perkara mudah urusan mencari mobil pertama untuk yang baru bisa mengemudi mobil. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar dapat mengemudi dengan aman dan nyaman di jalan.

Berikut beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan mobil yang cocok untuk pengemudi pemula, termasuk kaum hawa yang kurang paham teknis kendaraan.

1. Prioritaskan Keselamatan Berkendara

Sebelum mempertimbangkan fitur lainnya, keselamatan atau safety adalah nomor satu yang harus dipikirkan.

Untuk pengemudi pemula, keselamatan berkendara menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Tidak hanya untuk melindungi kamu ketika berkendara, tetapi juga mencegah kecelakaan yang merugikan pengguna jalan lainnya.

Pilih mobil yang sudah memenuhi persyaratan keselamatan minimum, seperti adanya seatbelt dan airbags. Lebih lengkap tentu lebih baik, seperti fitur rem Anti-lock Braking System (ABS) yang membantu dalam kondisi darurat, Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Control.

2. Visibilitas Pengemudi

Visibilitas adalah kunci penting bagi pengemudi pemula menyangkut seberapa baik kamu dapat berkendara dengan aman dan nyaman di jalan. 
Pastikan untuk menguji kendaraan dan mengetahui seberapa baik jarak pandang serta visibilitas yang diberikan.

Pastikan pula kamu dapat memperoleh posisi duduk mengemudi yang nyaman dan sesuai aturan keselamatan karena waktu kamu akan banyak dihabiskan di jok sopir. Mendapatkan kendaraan dengan sensor dan kamera parkir bisa menjadi tambahan untuk meningkatkan visibilitas.

3. Kemudahan Berkendara

Pengemudi pemula membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan mobil serta lingkungan. Mobil pertama untuk pengemudi pemula seharusnya membantu kamu agar terbiasa mengemudi dan memberikan kenyamanan.

Memiliki mobil dengan fitur Electronic Power Steering akan sangat membantu, termasuk fitur kemudahan lain seperti pengatur jok yang suportif dan transmisi otomatis.

Terkadang fitur yang terlalu lengkap justru membuat kamu bingung sehingga butuh waktu untuk adaptasi dan mempelajari pengoperasiannya.

4. Dimensi Mobil

Mobil jenis MPV dan SUV memang sangat digemari di sini karena multi fungsi dan punya daya angkut tinggi.

Masalahnya, dimensi mobil jenis ini yang besar malah sering menyulitkan pengemudi pemula.

Melewati jalan kota besar di Indonesia yang sangat dinamis dan menuntut kewaspadaan tinggi akan semakin menyulitkan jika dipaksakan.

Tidak ada salahnya kamu memulai dengan membeli mobil berdimensi kompak seperti Agya atau Yaris. Pun kalau ingin tetap membawa model SUV dan MPV karena kebutuhan keluarga, bisa membeli Rush atau Calya.

5. Durabilitas Kendaraan

Durabilitas merupakan faktor penting ketika memilih untuk membeli mobil baru. Layaknya investasi, tentu kamu tidak mau rugi di kemudian hari karena harga jual bekasnya rendah.

Atau kamu kesulitan saat ingin melakukan servis kendaraan, bahkan tidak bisa berbuat sesuatu ketika dalam kondisi darurat.

Di sini peran layanan after sales menjadi besar dan kamu harus mempertibangkannya juga.

6. Harga Mobil

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa wanita membutuhkan lebih banyak pertimbangan untuk membeli mobil pertama.

Meskipun wanita diketahui sering berbelanja, namun pria memiliki kemungkinan 20% lebih besar untuk bernegosiasi dan mendapatkan harga mobil yang lebih murah.

Karena itu, pastikan untuk mengetahui budget kamu. Setelah itu, kamu bisa menentukan model yang paling menarik.

Hindari membeli mobil dengan kisaran harga di atas budget yang ditentukan, apalagi bila dilakukan dengan cara kredit.

7. Style

Sebaiknya tidak menjadi poin utama, namun style merupakan salah satu pertimbangan yang tidak bisa dikecilkan. Karena akan berada lama di dalam mobil, pastikan kamu menyukai desain mobil itu agar merasa betah dan nyaman. 

Bisa terbayang kan bila kamu tidak menyukai style mobil tersebut padahal harus menggunakannya setiap hari. (Bang Koboi)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories