Penggemar Teknologi? Ini 5 Drama Korea tentang Hacker untuk Anda

5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Hacker (netflix)

JAKARTA – Belakangan ini, topik tentang hacker atau peretas di dunia maya menjadi perhatian utama. Hal ini berkaitan dengan serangan ransomware yang menimpa Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 pada Kamis, 20 Juni 2024.

Negara menjadi heboh dan pemerintah panik karena sejumlah layanan publik harus terhenti akibat serangan ini. Peretasan PDNS dengan ransomware LockBit 3.0 mengungkapkan kerentanan infrastruktur IT terhadap serangan hacker.

Sebagai hiburan, ada drama Korea (Drakor) tentang hacker yang bisa ditonton untuk mengisi waktu luang Anda. Berkat keunikannya, banyak cerita tentang peretas diangkat ke layar kaca, memberikan perspektif baru bagi penontonnya.

Dikemas dengan apik dan menarik, drama-drama ini sering membuat penonton kagum dan merasa tegang dengan kegiatan si hacker di dunia siber. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengeksplorasi lebih jauh sudut pandang seorang hacker, berikut adalah lima rekomendasi drama Korea tentang hacker yang seru untuk diikuti.

Rekomendasi Drama Korea tentang Hacker

Berikut ini drama K-Drama tentang hacker, di antaranya:

1. Police University

Drama Korea Police University. (Viu)

Dibintangi oleh Cha Tae Hyun, Jin Young, dan Krystal, Police University berkisah tentang kehidupan para mahasiswa akademi polisi. Karakter utamanya, Kang Sun Ho, adalah siswa cerdas yang ahli dalam meretas komputer, ia meretas sistem komputer demi membiayai pengobatan kanker ayahnya.

Sayangnya, dia terlacak dan sempat berhadapan dengan kepolisian, tetapi akhirnya dibebaskan dari tuduhan oleh detektif yang menanganinya.

Tak lama setelah itu, ia bertemu dengan Oh Kang-hee (Krystal Jung), perempuan idamannya yang pandai bela diri dan bermimpi menjadi polisi. Kang Seon-ho pun ikut mendaftar ke akademi kepolisian setelahnya, meninggalkan dunia hacker yang pernah digelutinya.

Masalah muncul ketika Kang Seon-ho bertemu dengan mantan detektif yang pernah menyelidiki kejahatannya saat ia masih menjadi hacker, yaitu Yoo Dong-man (Cha Tae Hyun), yang kini menjadi dosen investigasi di kampusnya.

Meskipun awalnya rumit, mereka akhirnya bisa bersatu dan bekerja sama untuk mengungkap kasus pencucian uang di tubuh kepolisian yang melibatkan judi online.

2. Mad Dog

Mad Dog adalah drama Korea tentang hacker yang menceritakan kisah seorang mantan polisi sekaligus pemimpin tim penyelidik Taeyang Insurance bernama Choi Kang Woo (Yoo Ji Tae). Setelah kecelakaan pesawat yang merenggut nyawa istri dan anaknya, Kang Woo memutuskan untuk meninggalkan kepolisian dan membentuk tim investigasi sendiri.

Suatu hari, ia bertemu dengan Kim Min Joon (Woo Do Hwan), mantan penipu jenius yang juga kehilangan keluarganya akibat kecelakaan pesawat yang sama. Ia yakin ada unsur kesengajaan di balik kecelakaan tersebut.

Kang Woo dan Min Joon kemudian bekerja sama untuk mengungkap kebenaran di balik kasus tersebut. Kang Woo membentuk tim Mad Dog, yang terdiri dari para hacker andal, untuk meretas dan mengumpulkan bukti-bukti terkait kecelakaan itu.

3. Circle

Drama Korea Circle. (Viu)

Bagi pecinta genre fantasi, Circle adalah drama Korea tentang hacker yang bisa menjadi pilihan tontonan menarik. Drama ini menawarkan campuran fantasi dan distopia dengan menggabungkan elemen-elemen teknologi, makhluk luar angkasa, dan eksplorasi sebuah dunia baru di masa depan.

Meskipun demikian, cerita ini tetap fokus pada seorang hacker dengan alur yang menarik, melintasi tiga periode waktu yaitu 2007, 2017, dan 2037. Yeo Jin Goo, Kim Kang Woo, dan Gong Seung Yeon berperan sebagai tokoh utama dalam drama ini.

Cerita dimulai dengan kedatangan seorang alien luar angkasa bernama Byul (Gong Seung Yeon), yang kemudian menjadi hacker terkenal dengan nama samaran Bluebird. Sebelum menjadi terkenal, Byul adalah alien yang tersesat dan mendarat di Bumi.

Di Bumi, ia bertemu dengan sebuah keluarga yang memiliki sepasang anak kembar. Sayangnya, Byul harus menjadi subjek penelitian oleh ayah dari anak kembar tersebut. Sang ayah mengisolasi diri dan meninggalkan keluarganya untuk meneliti lebih lanjut tentang Byul, yang menyebabkan kedua anak kembar kehilangan ayah mereka.

Kejadian itu menjadi titik awal bagaimana kisah di Circle bisa terjadi dan memberi benang merah di rentang waktu yang jauh itu.

4. Healer

Healer mengisahkan tiga individu berbakat yang bergabung dalam satu tim. Mereka memiliki misi untuk mengungkap kasus penyiaran ilegal yang terjadi satu dekade lalu.

Anggota tim ini terdiri dari Healer, seorang hacker yang juga ahli bela diri, seorang wartawan dari media daring, dan seorang jurnalis populer dari perusahaan penyiaran terbesar. Pada awalnya, Healer diminta oleh jurnalis populer Kim Mun Ho, untuk melindungi seorang wanita bernama Chae Young-shin (Park Min-young).

Peretasan data sebenarnya bukanlah plot utama dari drama Korea yang dibintangi oleh Ji Chang Wook dan Park Min Young ini.

Chae Young-shin adalah wartawan dari media daring yang memiliki keterkaitan dengan kasus penyiaran ilegal yang telah lama tenggelam. Saat menyelidiki kasus ini, ketiganya menjalin hubungan yang semakin dekat, bahkan ada yang berakhir dengan hubungan asmara. Kedekatan mereka semakin kuat setelah mengetahui bahwa orang tua mereka adalah korban dari kasus tersebut.

5. Phantom Ghost

Phantom Ghost adalah drama lama yang dibintangi oleh So Ji Sub dan Lee Yeon Hee. Ceritanya berfokus pada Kim Woo Hyun, seorang detektif khusus kejahatan siber yang sedang menyelidiki seorang peretas dengan nama Hades. Namun, kasus ini semakin rumit setelah Hades menjadi buronan akibat tuduhan pembunuhan.

Ketika Woo-hyun akhirnya berhasil menangkap Hades, ia terkejut mengetahui bahwa Hades adalah teman seangkatannya di akademi polisi. Hades dengan tegas menyangkal tuduhan pembunuhan tersebut dan meminta bantuan Woo-hyun untuk membersihkan namanya.

Itu dia beberapa rekomendasi K-Drama mengisahkan tentang hacker yang bisa Anda tonton untuk mengisi waktu luang Anda sekaligus menambah pengetahuan. Anda bisa menonotonnya di Viu hingga Netflix.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 07 Jul 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 08 Jul 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories