Pesepakbola Jordi Amat dan Sandy Walsh Resmi Jadi Warga Negara Indonesia

(Jatengaja.com/dok.pssi.or)

Dua pesepakbola naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengucapan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Kamis (17/11).

Dilansir dari pssi.org, Jordi Amat dan Sandy Walsh juga lancar dan fasih saat menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mengucap sumpah menjadi WNI. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan syukur kedua pemain naturalisasi tersebut sudah sah menjadi WNI.

“Alhamdulillah Jordi dan Sandy resmi menjadi WNI. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan semua pihak yang membantu proses naturalisasi untuk mereka. Kami berharap mereka bisa memberikan kemampuan terbaik untuk Timnas Indonesia,” katanya.

Sementara, Jordi dan Sandy menyatakan sangat senang setelah resmi menjadi WNI.  “Ini hari yang luar biasa. Saya ingin berterimakasih kepada ketua umum PSSI dan pemerintah Indonesia. Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saat ini, tetapi sangat senang. Terima kasih banyak. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita,” kata Jordi.

Senada disampaikan Sandy Walsh menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran menjadi WNI.

Sandy menyatakan saat menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah momen yang sangat indah sehingga  menutup mata dan menangis.

“Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga, kakek dan nenek saya. Mereka pasti sangat bangga pada saya. Ini adalah momen yang membanggakan. Terima kasih kepada Pak ketua umum PSSI dan semua orang yang bekerja di balik layar. Saya sangat senang menjadi warga negara Indonesia,” ujarnya.

Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh berasal dari permintaan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Keduanya direncanakan dapat bermain di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023 mendatang.

Namun, Jordi Amat dan Sandy Walsh harus menjalani proses pergantian federasi lebih dulu di FIFA sebelum disahkan untuk membela Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Jordi dan Sandy sempat bergabung latihan bersama Timnas Indonesia di Bandung saat FIFA Matchday melawan Bangladesh awal Juni lalu.

Sementara itu, calon pemain naturalisasi lainnya, Shayne Pattynama, saat ini berkasnya dalam pembahasan Sidang Paripurna DPR RI di hari yang sama. Masih menunggu Surat Keppres sebelum benar-benar bisa disumpah nantinya.

Editor: Egi Caniago

Related Stories