Presiden Direktur ISA Puji TrenAsia ESG Excellence 2022: Indikator Penilaian Sudah Cukup Holistik

President Director Institute for Sustainability & Agility (ISA) Maria Rosaline Nindita Radyati. (TrenAsia/Izzati)

President Director Institute for Sustainability & Agility (ISA) Maria Rosaline Nindita Radyati mengemukakan bahwa indikator yang digunakan dalam penilaian untuk penganugerahan TrenAsia ESG Excellence 2022 sudah cukup holistik.

Dikatakan oleh Maria, TrenAsia ESG Excellence 2022 merupakan kegiatan yang sangat baik karena pemenang yang sudah berupaya dalam mengimplementasikan nilai lingkungan (environmental), sosial (social), dan tata kelola (governance) atau ESG akan merasa dihargai.

Pada gilirannya mereka yang sudah mendapatkan penghargaan akan menjadi inspirasi bagi pelaku usaha lain untuk terus mendorong penerapan prinsip ESG demi mewujudkan ekosistem bisnis yang berkelanjutan.

“Kemudian juga, indikator-indikator yang digunakan dalam awarding TrenAsia itu sudah cukup holistik dan sudah mengintegrasi global guidance ataupun global aggrement,” tutur Maria kepada TrenAsia beberapa waktu lalu.

Melihat PT Tren Media Berjejaring yang menginisiasi ajang penghargaan untuk emiten-emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait penerapan ESG, Maria pun berharap pihak-pihak lain, terutama dari media ataupun organisasi nonprofit untuk senantiasa memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan prinsip keberlanjutan dengan baik.

Dengan begitu, para pelaku usaha pun akan termotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan upaya mereka dalam menerapkan aspek-aspek ESG.

“Dan juga memberikan bukti kepada publik bahwa dengan melakukan upaya berkelanjutan, ternyata ada dampak positif yang baik tentunya kepada para beneficiary, kepada lingkungan hidup, dan pastinya kepada bisnis,” tegas Maria. 

Untuk diketahui, Maria menjadi juri di TrenAsia ESG Excellence 2022 bersama Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Mas Achmad Daniri.

Kemudian, Chief Executive Officer (CEO PT Schroders Investment Management Indonesia Michael T. Tjoajadi, Direktur Departemen Riset Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edi Setijawan, dan Editor in Chief TrenAsia Adhitya Noviardi.

TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya.

Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022 berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring yang menaungi TrenAsia, Sukirno, mengatakan bahwa berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. 

Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

“Tujuan dari program ini adalah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan,” kata Sukirno di malam penganugerahan TrenAsia ESG Excellence 2022 di Hotel The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2022. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories