Presiden Jokowi Minta Mendag Turunkan Harga Beras

Jokowi Minta Mendag Tekan dan Stabilkan Harga Beras (null)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) buka suara soal kenaikan harga beras. Dia dimandatkan Presiden Joko Widodo untuk menekan harga beras jangan sampai mengalami kenaikan.

Tak hanya beras, Mendag diminta Presiden Jokowi untuk menjaga harga pangan lainnya, terutama sembilan bahan pokok utama. Adapun di antaranya ayam, telur, cabai, beras, daging dan lain sebagainya.

"Mikirin harga beras naik. kalau bisa beras jangan naik kata Pak Presiden," jelas Zulhas dalam konferensi pers Jakarta Muslim Fashion Week 2023 di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Arahan itu disampaikan mengingat dunia akan memasuki masa resesi, termasuk krisis energi dan pangan. Sebelumnya Zulhas juga memberi arahan khusus untuk beras Bulog, pemerintah akan memberikan subsidi begitu harganya naik.

Zulhas juga mengungkap penyebab dari naiknya harga beras, salah satunya karena harga gabah juga naik. Selain itu, saat ini pengusaha swasta membeli gabah dengan harga yang tinggi juga.

Untuk beras premium, Zulhas tak bicara banyak. Dia mengatakan, seperti halnya minyak, beras premium punya banyak merek. Kementerian Perdagangan akan berkoordinasi dengan lembaga terkait yakni Badan Pangan Nasional dan Bulog mengenai kenaikan harga beras ini agar tak berlarut-larut.

Sebelumnya, harga rata-rata beras medium pada periode Juli-September 2022 mengalami kenaikan di atas harga eceren tertinggi (HET). (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories