Presiden Sri Lanka Mundur dari Jabatannya

Demonstran mandi di kolam renang istana Presiden Sri Lanka (Reuters)

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa  mengumumkan  akan mundur setelah pengunjuk rasa menyerbu kediaman resminya dan membakar rumah perdana menteri. Baik Perdana Menteri maupun presiden tidak berada di gedung pada saat itu.

Ratusan ribu orang turun ke ibu kota Kolombo, menyerukan Rajapaksa  mengundurkan diri setelah berbulan-bulan protes atas salah urus ekonomi. Rajapaksa akan mengundurkan diri pada 13 Juli.  Sementara PM Wickremesinghe telah setuju untuk mengundurkan diri.

Ketua parlemen mengatakan presiden memutuskan untuk mundur  untuk memastikan penyerahan kekuasaan secara damai dan meminta masyarakat untuk  menghormati hukum. Pengumuman itu memicu letusan kembang api perayaan di kota.

Setelah peristiwa hari Sabtu Amerika Serikat mengimbau para pemimpin Sri Lanka untuk bertindak segera guna menyelesaikan krisis ekonomi negara itu.

Seorang pengunjuk rasa, Fiona Sirmana yang berdemonstrasi di rumah presiden mengatakan sudah waktunya  untuk menyingkirkan presiden dan perdana menteri dan memiliki era baru untuk Sri Lanka.

"Saya merasa sangat, sangat sedih karena mereka tidak pergi lebih awal karena jika mereka pergi lebih awal tidak akan ada kehancuran," katanya kepada Reuters.

Puluhan orang terluka dalam protes hari Sabtu, dan juru bicara rumah sakit utama Kolombo mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa tiga orang dirawat karena luka tembak.

Sri Lanka menderita inflasi yang merajalela dan berjuang untuk mengimpor makanan, bahan bakar dan obat-obatan di tengah krisis ekonomi terburuk negara itu dalam 70 tahun.

Negara itu kehabisan mata uang asing dan harus memberlakukan larangan penjualan bensin dan solar untuk kendaraan pribadi. Ini  menyebabkan antrian bahan bakar selama berhari-hari.

 Kerumunan besar berkumpul di kediaman resmi Presiden Rajapaksa, meneriakkan slogan-slogan dan mengibarkan bendera nasional sebelum menerobos barikade dan memasuki properti.

Rekaman  menunjukkan orang-orang berkeliaran di rumah dan berenang di kolam renang presiden. Sementara  yang lain mengosongkan laci, mengambil barang-barang presiden dan menggunakan kamar mandi mewahnya. 

"Ketika seluruh negeri berada di bawah tekanan seperti itu, orang-orang datang ke sini untuk melepaskan tekanan itu. Ketika Anda melihat kemewahan di rumah ini, jelas bahwa mereka tidak punya waktu untuk bekerja untuk negara," kata Chanuka Jayasuriya kepada Reuters.

Setelah satu hari penuh kemarahan dan kekerasan, dua pemimpin senior negara itu sepakat untuk mundur. Berita itu memicu kegembiraan di lokasi protes utama di Kolombo. Petasan dinyalakan di banyak bagian kota.

Terburuk dalam sejarah

Sri Lanka adalah negara kepulauan di selatan India. Negara ini mendapatkan kemerdekaan dari pemerintahan Inggris pada tahun 1948. Tiga kelompok etnis - Sinhala, Tamil dan Muslim - membentuk 99% dari 22 juta penduduk negara itu.

Satu keluarga bersaudara telah mendominasi selama bertahun-tahun.  Mahinda Rajapaksa menjadi pahlawan di antara mayoritas Sinhala pada tahun 2009 ketika pemerintahnya mengalahkan pemberontak separatis Tamil setelah bertahun-tahun perang saudara yang pahit dan berdarah. Saudaranya Gotabaya yang saat itu menjabat sebagai menteri pertahanan, adalah presiden saat ini. 

Sri Lanka menderita krisis keuangan terburuk dalam sejarah baru-baru ini, membuat jutaan orang berjuang untuk membeli makanan, obat-obatan, dan bahan bakar.

Puluhan ribu orang turun ke jalan dalam beberapa bulan terakhir, menyerukan para pemimpin negara itu untuk mengundurkan diri atas tuduhan salah urus ekonomi.

Di beberapa kota besar, termasuk Kolombo, ratusan orang terpaksa mengantri berjam-jam untuk membeli bahan bakar, terkadang bentrok dengan polisi dan militer saat mereka menunggu.

Wickremesinghe mengatakan negara itu telah memasuki pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menghidupkan kembali ekonomi negara itu. Pada hari Selasa, dia mengatakan kepada parlemen bahwa pembicaraan dengan IMF "sulit" karena mereka memasuki diskusi sebagai negara "bangkrut", daripada negara berkembang. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi

Related Stories