7 Wanita Terkaya di Dunia, Ada Pemilik L'Oreal!

Ini 7 Wanita terkaya di dunia, Ada Pemilik L'Oreal!/ Foto: Tangkapan layar (null)

Karier yang bagus menjadi hak siapapun tanpa memandang bulu maupun jenis kelamin. Tidak heran jika saat ini kesuksekan suatu bisnis dapat direngkuh oleh siapa saja, termasuk wanita.

Wanita yang sukses bisa memberikan inspirasi kepada orang lain, setidaknya dapat menjadi sosok teladan alias role model. Berikut TrenAsia.com rangkum tujuh wanita terkaya di dunia, dilansir dari Forbers World's Billioner 2022, Sabtu, 9 Juli 2022.

1. Francoise Bettencourt Meyers 

Perempuan satu ini merupakan cucu dari pendiri L'Oreal yang digadang-gadang sebagai wanita terkaya di dunia. Sumber kekayaan Bettencourt Meyers dan keluarganya dari kepemilikan saham L'Oreal sebanyak 33%.

Bettencourt Meyers telah menjabat sebagai dewan di L'Oreal sejak 1997 dan juga ketua perusahaan induk keluarga. Ia menjadi pewaris L'oreal yang berkuasa di Prancis pada 2017 setelah wafatnya sang ibu di usia 94 tahun.

Karier Bettencourt Meyers masih berlanjut sebagai Ketua Yayasan Filantropi milik keluarganya yang berfokus untuk mendorong kemajuan Prancis di bidang sains dan seni.

Kekayaan Bettencourt Meyers tercatat sebesar US$74,8 miliar atau setara Rp1.120 triliun (kurs jisdor Rp14.981) yang membuatnya menjadi orang terkaya ke-14 di dunia.

2. Alice Walton 

Alice Walton merupakan satu-satunya putri dari pemilik Walmart yakni Sam Walton. Ia tercatat sebagai orang kaya ke-18 oleh Forbes pada 2022. Kekayaan yang terhimpun sampai tahun ini mencapai US$65,3 miliar atau setara Rp978,25 triliun.

Walton berfokus pada senin dari pada bekerja untuk Walmart seperti saudara-saudaranya Rob dan Jim.

Wanita sukses ini kemudian membuka Crystal Bridges Museum of American Art di tempat kelahirannya Bentonville, Arkansas. Sedangkan rystal Bridges Museum of American Art terkenal dengan menampilkan karya-karya seniman sukses seperi Andy Warhol, Norman Rockwell dan Mark Rothko.

3. MacKenzie Scott  

Perempuan kelulusan Princeton University ini tercatat sebagai orang terkaya ke-30 versi Forbes. Kekayaannya yang terhimpung hingga US$43,6 miliar atau setara Rp653,17 triliun didapat dari kepemilikan saham di Amazon sebesar 25%.

MacKenzie Scott sebelumnya menikah dengan Bos Amazon yakni Jeff Bezos selama 25 tahun dan telah dikaruniai 4 orang anak. Namun pada pertengahan 2019 mereka bercerai dan ia menerima saham Amazon.

Selain itu, Scott juga dikenal sebagai penulis dan seorang dermawan yang memberikan tanpa pamrih ke berbagai orang dan organisasi.

4. Jacqueline Mars

Jacqueline Mars merupakan pemilik perusahaan cokelat terkenal yaitu Snickers. Ia menjadi orang terkaya ke-41 versi Forbes dengan kekayaan sebesar US$31,7 miliar atau Rp474,89 triliun.

Jacqueline Mars merupakan cucu dari Frank C. Mars yang juga sebagai pendiri perusahaan permen Amerika Serikat, Incorporated.

Incorporated dikenal memproduksi beberapa item yang banyak dikonsumsi publik seperti Milky Way dan Mars Bar, hingga Dove. Perusahaan keluarga Mars ini juga memproduksi makanan hewan peliharaan seperti Whiskas, Ben's Original, dan Pedigree.

5. Gina Rinehart 

Gina Rinehart selain terkenal sebagai perempuan terkaya di dunia, ia juga tercatat sebagai crazy rich Australia. Perempuan yang saat ini berusia 68 tahun menghimpun kekayaannya dari usaha biji besi sebesar Rp452,42 triliun. 

Ia meneruskan perjalanan sang ayah untuk membangkitkan perusahaan miliknya yakni Hancock Prospecting. Perusahaan ini memiliki aset terbesar dari proyek pertambangan Roy Hill yang memulai pengirimannya ke Asia pada 2015.

Rinehart tercatat sebagai ketua eksekutif Hancock Prospecting sejak 1992. Perempuan sukses dan kaya ini juga dikenal sebagai Raja Pertambangan serta produsen ternak terbesar kedua di Australia dengan portofolio properti di seluruh wilayah Asutralia.

6. Susanne Klatten

Perempuan yang saat ini tinggal di Jerman, masuk ke dalam susunan perempuan terkaya di dunia di urutan ke 56 versi Forbes dengan kekayaan terhimpun sebesar US$24,3 miliar atau setara Rp364,03 trilun.

Kekayaan Susanne Klatten berasal dari pabrik mobil mewah yang terkenal yakni BMW dan pharmaceuticals. Susanne sendiri tercatat memiliki 19% kepemilikan terhadap perusahaan BMW dan kepemilikan saudaranya Stefan Quandt mencapai 24%.

Susanne juga diakui sebagai pemilik tunggal dan wakil ketua dari Altana, sebuah perusahaan milik sang kakek yang berfokus pada farmasi khusus kelas dunia.  Ia juga memiliki saham di Entrust yang berfokus pada indentitas digital dan keamanan data.

7. Abigail Johnson

Perempuan satu ini memiliki kekayaan mencapai US$21,2 miliar atau sekitar Rp317,59 triliun. Kekayaannya itu tergolong dalam money management yang salah satunya didapat dari kepemilikan saham perusahaan senilai US$4,2 triliun yang dikelolanya

Abigail Johnson menjabat sebagai CEO di perusahaan Fidelity Investments sejak 2014, menggantikan sang ayah dan menjabat sebagai pimpinan sejak 2016. Ia tercatat sebagai orang terkaya ke-75 versi Forbes.

Perempuan yang kini berusia 60 tahun tersebut merupakan cucu dari Edward Johnson II sebagai salah satu pemilik dari perusahaan Johnson & Johnson (JnJ).

Perusahaan JnJ didirikan sejak 1886 oleh tiga bersaudara Robert Wood Johnson, James Wood Johnson dan Edward Mead Johnson yang berfokus pada produksi peraltan medis, farmasi, dan barang konsumen dalam kemasan.  

Beberapa produk merek JnJ di antaranya and-Aid Brand, Tylenol, Johnson's baby products, Neutrogena, sabun cuci muka Clean & Clear, dan lensa kontak Acuvue. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories