Resmi, Pemerintah Inbreng 75,51 Persen Saham Semen Indonesia ke Semen Baturaja

Kementerian BUMN (Kementerian BUMN)

Pemerintah Indonesia melalui PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG resmi melakukan inbreng saham dengan mengalihkan saham pemerintah sejumlah 7.499.999.999 saham seri B dengan nilai keseluruhan mencapai Rp2,84 triliun atau mewakili 75,51% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh pada PT Semen Baturaja Tbk.

Aksi korporasi inbreng saham tersebut adalah kelanjutan program integrasi BUMN sub klaster semen melalui proses hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Direktur Utama SIG Donny Arsal menerangkan, integrasi PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) ke SIG merupakan langkah besar untuk memperkuat posisi BUMN sub klaster semen dalam menghadapi tantangan pasar yang kompetitif.

"Semen Baturaja adalah kekuatan di Sumatra Bagian Selatan. Integrasi SMBR ke SIG memiliki potensi sinergi yang sangat besar untuk mendukung posisi dan melengkapi footprint BUMN sub klaster semen, khususnya di wilayah Sumatra yang merupakan pasar domestik terbesar kedua, memenangkan persaingan ketat dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan negara, serta memantapkan langkah SIG untuk menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terdepan di regional," kata Donny dalam rilis resmi, pada Senin, 19 Desember 2022

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengaku, saat ini BUMN sudah menyelesaikan salah satu milestone penting dari keseluruhan rencana transformasi BUMN untuk streamlining dan clustering sub klaster semen.

"Sebagai sektor strategis, kita ingin mendorong BUMN sub klaster semen sebagai penggerak industri semen yang berkelanjutan melalui optimalisasi distribusi, pemasaran, dan efisiensi produksi yang terkoordinasi secara regional dan nasional," kata Tiko sapaan akrabnya, Senin, 19 Desember 2022.

"Indonesia memiliki proyeksi pertumbuhan ekonomi 2023 yang paling sehat pada kisaran 4,5-5%, dimana pada kuartal IV tahun ini daya beli masyarakat berjalan cukup cepat. Pada tahun 2023 juga akan menjadi momen realisasi pembangunan IKN sebagai katalis infrastruktur dan properti, serta berkontribusi pada pemulihan ekonomi. Kita berharap dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun, industri semen pun segera pulih melalui inovasi, optimalisasi dan efisiensi untuk mengatakan beban biaya, menjaga struktur biaya dan konsistensi EBITDA," lanjutnya.

Sebelumnya, SIG berkomitmen akan mengalokasikan 60% dana dari hasil rights issue untuk mendukung program environment, social, governance (ESG) yang saat ini tengah digaungkan pemerintah.

SIG mendukung langkah pemerintah Indonesia untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan lewat upaya dekarbonisasi sebagai wujud partisipasi dan respon perusahaan terhadap perubahan iklim.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni menerangkan, saat ini perseroan telah melakukan berbagai macam upaya dan menurutnya dibutuhkan investasi serta inovasi. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories