Sah, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh Pada Minggu 3 April 2022

Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan 1 Ramadan. (Foto; istimewa/dok Kemenag)

Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijirah atau awal puasa 2022 jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Keputusan ini dibacakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menurut Menteri Agama, keputusan ini diambil dalam melalui mufakat dalam sidasng Isbat yang diikuti oleh ormas Islam, Komisi VIII DPR, dan perwakilan negara tetangga. Dari pemantauan di 101 titik yang ada di 34 provinsi, kata Yaqut, tidak ada satu pun yang melihat hilal.

“Ketinggian hilal di seluruh Indonesia ada pada posisi 1 derajat sampai 2 derajat, 2 menit. Oleh karena itu maka 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Ahad, 3 April 2022,” kata Yaqut dalam konferensi pers usai sidang Isbat, Jumat (1/4/2022).

Kementerian Agama tahun ini mulai menggunakan kriteria baru penentuan awal bulan Hijriah. Kriteria itu mengacu pada hasil kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura atau MABIMS.

Selama ini, kriteria hilal yang dipegang oleh Kemenag adalah ketinggian 2 derajat, elongasi 3 derajat dan umur bulan 8 jam. MABIMS sepakat untuk mengubah kriteria tersebut menjadi ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. 

Editor: Redaksi
Bagikan
Sutan Kampai

Related Stories