Selain Menabung Uang di Bank, Inilah Cara Aman Menyimpan Uang dan Kekayaan

Tidak Hanya di Bank, Inilah Cara Aman Menyimpan Uang dan Kekayaan (Trenasia.com)

Menabung adalah salah satu kebiasaan baik yang perlu untuk terus dilakukan. Akan tetapi, banyak orang yang mungkin mulai tidak percaya terhadap bank dan lembaga  keuangan yang membuat mereka takut untuk mencari tempat alternatif untuk menyimpan aset mereka.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kerugian Anda bisa mencoba beberapa tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan uang atau aset Anda seperti berikut ini.

Cara Aman Menyimpan Uang dan Kekayaan Selain di Bank

1. Reksadana

Reksadana seperti reksadana pasar uang meski memiliki return yang rendah, risikonya juga relatif lebih rendah. Selain itu, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan saat menabung pada reksadana karena tingkat return-nya lebih tinggi daripada tabungan biasa.

2. Logam Mulia

Salah satu skenario terburuk jika pasar keuangan berhenti berfungsi menyatakan bahwa emas, perak, dan logam lainnya akan terus mempertahankan nilainya. Selain itu, logam mulia seperti emas juga mudah didapat dan mudah untuk dijual sehingga cocok sebagai cara menyimpan uang atau kekayaan selain di bank.

3. Real Estate atau Properti

Seperti yang dilansir dari laman Investopedia, di masa sulit bagi bank  mungkin daya pikat investasi pada real estate akan menjadi lebih kuat. Anda bisa mencoba menyimpan uang atau kekayaan dengan memiliki properti yang akan disewakan.

Meski begitu, terkadang real estate juga bisa menjadi investasi yang tidak bisa diandalkan terutama untuk jangka pendek. Oleh karena itu cobalah untuk tetap memperhitungkan dengan bijak jika Anda ingin menyimpan kekayaan dengan berinvestasi pada real estate.

4. Mata Uang Kripto

Cryptocurrency adalah opsi investasi alternatif penyimpanan uang atau kekataan, dan saat ini yang paling terkenal serta cenderung terpercaya adalah Bitcoin. Meski tampaknya memiliki imbalan yang tinggi, mata uang kripto juga memiliki peluang dengan risiko tinggi. Oleh karena itu sebaiknya tetaplah berpikir bijak saat menyimpan dalam mata uang kripto dengan tidak menggunakan banyak uang Anda atau dana darurat Anda yang akan digunakan di masa depan.

5. Bisnis

Membeli bisnis dapat memberikan keuntungan dari investasi Anda, tentu saja jika perusahaan tersebut menghasilkan keuntungan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa di saat yang sangat buruk tentu saja bisnis juga akan terpengaruh. 

Salah satu bisnis yang cukup populer tanpa harus bekerja ekstra adalah dengan menabung membeli ternak lalu bekerja sama dengan peternak yang akan merawat ternak tersebut. Meski begitu pastikan untuk memilih partner yang terpercaya dan memantau setiap perkembangan ternak. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan
Egi Caniago

Related Stories