Self Reward Cerdas: 8 Cara untuk Menghargai Diri Tanpa Boros

8 Cara Self Reward Anti Boros (USA Today)

JAKARTA – Self reward adalah suatu bentuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri setelah mencapai tujuan tertentu. Self reward ini penting dilakukan karena kita dapat menghargai diri sendiri atas usaha yang telah dilakukan. Selain sebagai bentuk apresiasi, self reward juga berfungsi untuk lebih mencintai diri sendiri.

Dilansir dari Kemenkeu, terkadang kita lupa untuk memperhatikan diri sendiri. Justru kita lebih sering memberikan apresiasi kepada orang lain, meskipun hanya dengan tindakan sederhana seperti tepuk tangan.

Lantas, pernahkah Anda memberikan tepuk tangan untuk diri sendiri? Pasti jarang, kan? Bahkan mungkin tidak pernah, karena Anda cenderung melupakan potensi yang ada dalam diri Anda sendiri. Anda lebih sering membandingkan pencapaian orang lain daripada menghargai pencapaian diri sendiri.

Padahal, kalau bukan diri sendiri yang mengapresiasi, siapa lagi? Setiap orang memiliki cara sendiri untuk melakukan self reward, entah itu pergi jalan-jalan lalu membeli makanan atau sekedar mendengarkan musik. Tapi, jangan sampai mengapresiasi secara berlebihan, ya. Maka dari itu, berikut adalah tips melakukan self reward anti boros. Yuk, simak!

Tips Melakukan Self Reward agar Tidak Boros

Berikut tips melakukan self reward anti boros yang dapat Anda terapkan:

1. Tidak Harus Rutin

Self reward tidak perlu dilakukan secara rutin. Anda bisa merencanakan waktu dan menabung terlebih dahulu untuk menyediakan dana khusus bagi self reward.

2. Membeli Barang yang Bersifat Penting

Ketika sedang self reward, seringkali kita cenderung membeli sesuatu yang telah lama kita idamkan. Namun, hal ini bisa menjadi pemborosan jika dilakukan berulang kali. Oleh karena itu, penting untuk membuat daftar prioritas barang yang benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan, agar pengeluaran Anda lebih terencana dan tidak sia-sia.

3. Window Shopping

Window Shopping Mengunjungi pusat perbelanjaan bisa menjadi alternatif self reward yang hemat biaya. Berjalan-jalan di mall sering menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan stres, terutama di akhir pekan setelah bekerja selama seminggu.

Banyaknya toko di pusat perbelanjaan, Anda memiliki kesempatan untuk menyegarkan pikiran melalui window shopping. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memberi hadiah pada diri sendiri dengan membeli barang yang Anda suka. Namun, penting untuk menahan diri agar tidak membeli semua barang atau makanan dan minuman yang Anda temui.

4. Kurangi Frekuensi Belanja

Self reward tidak selalu berupa membeli barang baru. Anda dapat membatasi pengeluaran untuk belanja dan memilih cara lain yang juga memberikan kepuasan. Misalnya, Anda bisa menghabiskan waktu seharian menonton film favorit tanpa gangguan atau mencoba resep masakan baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

5. Sisihkan Uang Simpanan Secara Rutin

Saat melakukan self reward yang memerlukan pengeluaran, pastikan Anda sudah menyiapkan anggaran khusus. Dalam pengelolaan dana kebutuhan sehari-hari, alokasikan sejumlah uang untuk tabungan pribadi. Dana ini nantinya dapat digunakan untuk self reward extra, seperti pergi liburan ala solo traveler.

6. Lakukan Afirmasi Sederhana Untuk Diri Sendiri

Salah satu cara mudah dalam self reward adalah melakukan afirmasi, yaitu memberikan penegasan atau kata-kata positif pada diri sendiri. Afirmasi memiliki dampak yang besar, dan merupakan salah satu kunci kesuksesan karena dapat meningkatkan kepercayaan diri serta memotivasi diri sendiri.

Anda bisa mencoba afirmasi sederhana sebagai bentuk self reward seperti, “Aku hebat,” “Selamat, kamu berhasil sampai sini,” atau “Kamu kuat dan tangguh, tidak ada yang lebih hebat darimu.” Cobalah dan rasakan manfaatnya.

7. Berkendara Keliling Kota

Berkendara keliling kota bisa menjadi opsi self reward yang terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan bensin yang cukup untuk menjelajahi area sekitar tempat tinggal Anda. Jika biasanya Anda hanya berkendara dari rumah ke kantor atau tempat aktivitas tanpa memperhatikan lingkungan sekitar, coba luangkan waktu untuk menikmati perjalanan Anda.

Amati rumah-rumah di pinggir jalan dan aktivitas orang-orang di sekitar. Jika Anda mau, berhentilah di taman kota atau pusat keramaian untuk menyegarkan pikiran.

8. Sesuaikan Isi Dompetmu

Hal ini penting agar Anda lebih bijak dalam pengeluaran. Lakukan self reward yang sesuai dengan anggaran yang tersedia, tanpa memaksakan diri untuk membeli barang mahal atau melakukan kegiatan yang terlalu mewah, yang penting hati bahagia.

Demikian kiat-kiat self reward anti boros yang dapat Anda lakukan, semoga bermanfaat.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 10 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 12 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories