Semen Padang Serahkan Bantuan Pendidikan untuk 120 Pelajar di Padang Besi

Penyerahan Bantuan Pendidikan di Kelurahan Padang Besi (Foto: dok PT Semen Padang)

Semen Padang terus menunjukkan kepeduliannya terhadap pendidikan. Kali ini, sebanyak 120 orang pelajar dari Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah.

Bertempat di Pasar Pagi Padang Besi, bantuan perlengkapan sekolah yang terdiri dari tas, sepatu dan alat tulis itu, diserahkan PT Semen Padang melalui Forum Nagari Kelurahan Padang Besi, Jumat (15/7/2022) siang.

Penyerahan bantuan tersebut, turut dihadiri Sekretaris Camat Lubuk Kilangan, Nurul Widya Siska, Lurah Padang Besi, Waluyo Yuwono, dan sejumlah pengurus Forum Nagari Kelurahan Padang Besi, serta tokoh masyarakat setempat.

Ketua Forum Nagari Kelurahan Padang Besi, Dasrizal mengatakan, bantuan pendidikan ini merupakan program forum yang diusulkan ke Unit CSR PT Semen Padang. Dan menurutnya, momentum penyerahan bantuan pendidikan ini sangat tepat sekali, karena bertepatan dengan awal tahun ajaran baru.

"Ada 120 pelajar dari RTM yang dapat bantuan pendidikan. Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi para pelajar yang menerimanya. Apalagi, sekarang ini tahun ajaran baru sekolah. Jadi, bisa langsung dimanfaatkan," kata Dasrizal.

Dasrizal juga membeberkan sejumlah program forum yang didukung penuh oleh PT Semen Padang melalui Unit CSR. Selain bantuan pendidikan, kata dia, sebelumnya saat bulan Ramadan, juga digelar program Semarak Ramadan berupa buka bersama antara tokoh masyarakat dan anak yatim di Padang Besi.

Kemudian, juga ada program pembangunan Pasar Pagi Forum Nagari Padang Besi yang saat ini sedang proses pengerjaan. "Insya Allah, sebentar lagi pasar pagi tempat acara penyerahan bantuan pendidikan ini akan segera diresmikan. Saat ini, pembangunannya masih proses finishing," ujarnya.

Sekretaris Camat Lubuk Kilangan, Nurul Widya Siska, mengapresiasi PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan pendidikan untuk keluarga kurang mampu atau RTM di Kelurahan Padang Besi, begitu juga dengan Forum Nagari Padang Besi yang telah mengusulkan program bantuan pendidikan ini ke PT Semen Padang.

"Program bantuan pendidikan ini adalah program yang sangat memberikan manfaat. Saya mewakili Camat Lubuk Kilangan, berterima kasih kepada Semen Padang yang selalu peduli pada masyarakat lingkungan, dan itu dapat kita saksikan sekarang ini, dimana Semen Padang melalui Forum Nagari Padang Besi, menyalurkan bantuan pendidikan untuk pelajar dari RTM," katanya.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z. Lubis mengatakan, bantuan pendidikan ini merupakan bagian dari program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) CSR Semen Padang yang bekerja sama dengan masyarakat melalui wadah Forum Nagari di masing-masing kelurahan di Ring 1 perusahaan. Padang Besi, adalah salah satu dari kelurahan tersebut.

Kemudian terkait bantuan pendidikan, ia berharap bantuan tersebut juga dapat memacu para pelajar yang menerimanya untuk berprestasi di sekolah. "Jangan lagi ada alasan tidak ada tas dan sepatu serta lainnya untuk sekolah. Kami tidak ingin ada anak-anak yang putus sekolah," katanya.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Rinold Thamrin menambahkan, kepada penerima bantuan, jangan lihat berapa nilai bantuannya, tapi lihatlah bahwa PT Semen Padang selalu peduli terhadap dunia pendidikan. "Pendidikan adalah pondasi menuju kesuksesan. Sekarang ini, mana ada orang sukses tanpa pendidikan," ujarnya.

Sementara itu, Betdina Dewita yang merupakan salah satu orangtua penerima bantuan pendidikan mengaku bersykur dan berterima kasih kepada PT semen Padang dan juga Forum Nagari Padang Besi, karena berkat bantuan pendidikan tersebut, anaknya bisa sekolah dengan sepatu dan tas baru.

"Sepatu anak saya sudah robek, kalau dibeli harganya mahal juga. Jadi, dengan adanya bantuan sepatu, tas dan alat tulis dari Semen Padang melalui forum, alhamdulillah kami merasa terbantu. Bahkan, uang yang harusnya akan saya gunakan untuk beli sepatu, bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya," kata Betdina.

Salah seorang penerima bantuan pendidikan bernama Refita Tiara Willi, juga mengaku bahagia dan bersyukur. "Alhamdulillah, senang rasanya dapat bantuan. Terima kasih Semen Padang dan forum nagari," kata pelajar Kelas VII SMP Negeri 21 Padang yang tinggal di RT01/RW04 Padang Besi.

Editor: Redaksi

Related Stories