Shio Macan Air, Yuk Dekorasi Rumah Biar Membawa Keberuntungan

Seorang pekerja tengah bersih-bersih Kelenteng See Hien Kiong Padang (Sutan Kampai/KabarMinang.id)

Tahun 2022 merupakan tahun Macan Air menurut perhitungan kalender China. Sehingga dalam perayaan Imlek tahun ini, banyak sekali dijumpai ornamen dengan gambar macan.

Setiap dekorasi yang dipajang selama Tahun Baru Imlek memiliki makna yang berbeda namun dipercaya dapat membawa keberuntungan. Berikut tujuh dekorasi rumah yang dipercaya membawa keberuntungan saat Tahun Baru Imlek.

1. Lampion Merah

Lampion merah dipercaya dapat mengusir nasib buruk. Karenanya seringkali ditemui lampion merah digantung berjejeran di pohon, gedung, jalanan, dan pintu rumah.

2. Karakter Fu Terbalik

Karakter Fu terbalik merupakan ukiran kertas berbentuk ketupat yang ditempel di pintu atau atas pintu rumah. Fu memiliki arti nasib baik dan menempatkan karakter dengan terbalik berarti menginginkan nasib baik untuk dicurahkan kepada penghuni rumah.

3. Pohon Kumquat

Jika memiliki Pohon Kumquat sebagai dekorasi di rumah melambangkan harapan akan kekayaan dan kejayaan bagi pemilik rumah.

4. Bunga Mekar

Perayaan Tahun Baru Imlek juga disebut sebagai Festival Musim Semi yang artinya menandai awal musim semi. Bunga-bunga yang bermekaran di musim semi digunakan untuk menghiasi rumah karena melambangkan datangnya harapan baru untuk tahun baru yang sejahtera.

5. Ukiran Kertas

Ukiran kertas ini memiliki makna berbeda-beda, misalnya ukiran berbentuk buah persik melambangkan umur  pohon pinus melambangkan awet muda, dan pohon plum menandakan keberuntungan.

6. Kuplet Pintu

Kuplet merupakan karya kuas kaligrafi China dengan tinta hitam di atas kertas berwarna merah, biasanya diisi dengan puisi tentang datangnya musim semi atau beberapa pernyataan yang diinginkan atau diyakini penghuni rumah seperti kemakmuran dan keharmonian.

7. Lukisan Tahun Baru

Lukisan tahun baru ditempel di dinding atau di pintu selama perayaan untuk tujuan dekoratif serta simbol salam Tahun Baru dengan lukisan sosok atau tanaman legendaris yang menguntungkan. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories