Tak Seperti Sekuel Biasanya, Ini 7 Film Fiksi Ilmiah Terbaik yang Wajib Ditonton

Mau Nonton Sekuel Film Fiksi Ilmiah? Cek 7 Rekomendasinya! (Disney Plus)

JAKARTA - Tidak seperti film aslinya, sekuel film seringkali mendapat reputasi buruk. Hal ini karena film sekuel dinilai tidak sebagus film aslinya. Namun, beberapa sekuel film fiksi ilmiah terbukti berhasil mempertahankan kualitasnya atau bahkan lebih baik dari film aslinya. 

Nah, bagi Anda yang berencana untuk menonton sekuel film bergenre fiksi ilmiah, berikut ini 7 diantaranya seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Rekomendasi Sekuel Film Fiksi Ilmiah

1. Jurassic World (2015) 

Setelah The Lost World pada tahun 1997 yang epik dan Jurassic Park III pada tahun 2001, yang  lumayan, waralaba Jurassic Park mengambil istirahat selama lebih dari satu dekade untuk akhirnya kembali pada tahun 2015 dengan Jurassic World,

Jurassic World adalah salah satu sekuel yang mengikuti formula sekuel standar dengan membuat cerita yang lebih besar dari film aslinya. 

Meskipun beberapa penggemar Jurassic Park tidak menyukai sekuel ini, Jurassic World mencatatkan prestasi membanggakan di box office.

Sekuel ini berhasil meraup US$1,67 miliar di box office dan bahkan mendapat penilaian 71% dari situs film Rotten Tomatoes.

2. Avatar: The Way of Water (2022)

Film Avatar berhasil menorehkan tombak pencapaian baru dalam sejarah perfilman. Avatar berhasil meraup pendapatan tertinggi sepanjang masa dan menjadi film pertama yang menghasilkan lebih dari US$2 miliar di box office.

Avatar, The Way of Water tak hanya berhasil mempertahankan visual yang menakjubkan namun bahkan jauh lebih mengesankan dari yang asli. 

3. Blade Runner 2049 (2017)

Tayang 30 tahun setelah film aslinya, Blade Runner 2049 memperkenalkan Ryan Gosling sebagai replikan K, yang percaya bahwa dia adalah putra dari Rick Deckard milik Harrison Ford. 

Berkat perluasan cerita asli yang lebih dalam ke karakter dan plot yang lebih kompleks, film ini menerima ulasan memuji dari para kritikus.

4. Dune: Part 2 (2024) 

Pada sekuel Dune: Part 2 tahun 2024, Paul Atreides bergabung dengan Chani dan klan Fremen untuk membalas dendam pada Harkonnens. Film ini mendapat pujian besar dari para kritikus dan penonton. 

Dalam konferensi pers, sutradara Denis Villeneuve bahkan mengatakan bahwa menurutnya film ini lebih baik daripada yang pertama, katanya, “Bagi saya, film ini jauh lebih baik daripada Bagian Satu. Ada sesuatu yang lebih hidup di dalamnya. Ada hubungan dengan karakter-karakter itu…”

Dalam sekuel Dune: Part 2, para penggemar dijanjikan lebih banyak petualangan dan konflik antara karakter-karakter utama. Penampilan Austin Butler dalam film ini pun sangat dipuji.

5. Terminator 2: Judgment Day (1991)

Terminator 2: Judgment Day disebut-sebut berhasil melampaui film pertamanya karena telah menambahkan lebih banyak lapisan pada cerita dan karakter. Film ini juga telah memenangkan banyak pujian dari kritikus dan penonton.

Rotten Tomatoes memberikan peringkat impresif yaitu 91% sementara skor penonton ada di angka 95%. 

6. Aliens (1986)

Film Alien pertama kali rilis pada 1979 dan berhasil menghadirkan suasana mencekam dan menakutkan di bioskop. Disutradarai oleh Ridley Scott, film ini bercerita tentang seorang alien yang menetas di dalam pesawat luar angkasa dan mulai membunuh awak pesawat satu persatu. 

Kemudian, pada tahun 1986, James Cameron membuat sekuelnya yang disebut Aliens. Kali ini, film tersebut beralih dari genre horor menjadi action, namun masih mempertahankan ketegangan sepanjang cerita.

Aliens adalah sekuel yang unik dan seru untuk ditonton karena berhasil mengubah genre film sambil tetap mempertahankan identitasnya sebagai bagian dari seri Alien.

7. Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back (1980)

The Empire Strikes Back dianggap sebagai sekuel terbaik sepanjang masa dan salah satu film terbesar sepanjang masa. Film ini berhasil memperluas dunia Star Wars dengan menyajikan momen-momen ikonik yang masih dikenang hingga hari ini.

Sekuel film fiksi ilmiah dapat menjadi tambahan yang berharga bagi cerita aslinya, dan beberapa di antaranya bahkan berhasil melampaui ekspektasi.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 31 Mar 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 01 Apr 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories