Ternyata Diet Ala Deddy Corbuzier Tak Ribet, Ini Caranya

Ilustrasi Diet (loren castillo / pexels)

Diet adalah pengaturan pola makan mulai dari cara makan hingga jenis makanan.  Diet bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, beberapa orang juga melakukan diet dengan tujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan ideal.

Ada beragam metode diet, salah satunya adalah diet OCD yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier. OCD memiliki kepanjangan Obsessive Corbuzier's Diet. Diet ini mengadopsi metode kuno dari Tiongkok yang sering digunakan oleh para Shaolin Monk.

Saat melakukan diet OCD Anda bebas mengonsumsi jenis makanan apapun. Karena diet ini memang menekankan pada pengaturan jam makan bukan jenis makanan yang dikonsumsi. Pengaturan jam makan inilah yang disebut dengan jendela makan.

Mirip seperti puasa, saat Anda berada pada jendela makan Anda diperbolehkan makan apa saja, namun saat jendela makan Anda berakhir Anda tidak boleh makan apapun kecuali minum minuman yang tidak berkalori. Minum memang masih diperbolehkan sehingga Anda tidak akan dehidrasi.

Aturan lain yang ada pada diet ini adalah disarankan untuk menghindari makan saat waktu sarapan pagi. Apa alasannya ? Menurut Deddy Corbuzier sarapan hanya menambah insulin yang akan menyebabkan Anda mengantuk di siang hari, sehingga hari Anda menjadi tidak produktif.

Nah berikut adalah jendela makan yang dapat Anda gunakan sebagai waktu bebas makan.

1. Jendela makan 8 jam 
Dengan memiliki waktu bebas makan selama 8 jam, artinya Anda memiliki waktu berpuasa selama sisanya yaitu 16 jam. Katakanlah, Anda mengambil jendela makan mulai dari jam 10 pagi. 

Jadi Anda boleh makan apapun hingga jam 6 sore. Setelahnya Anda tidak boleh makan apapun lagi hingga jam 10 pagi di keesokan harinya. Jendela makan ini adalah durasi yang paling lama dan cocok untuk pemula. Sebaiknya lakukan tahap ini hingga kurang lebih 2 minggu agar tubuh mampu menyesuaikan diri.

2. Jendela makan 6 jam 
Level kedua ini memiliki jendela makan 6 jam. Misalnya Anda memulai jendela makan Anda di jam 10 pagi maka Anda bebas makan dan minum apa saja hingga jam 4 sore, setelahnya Anda hanya boleh minum minuman yang tidak berkalori hingga jam 10 pagi di keesokan harinya. Jika Anda memulai jendela makan jam 12 siang maka Anda bebas makan hingga jam 6 sore. Begitupula seterusnya.

3. Jendela makan 4 jam 
Di level kedua ini, Anda hanya memiliki total 4 jam saja untuk bebas makan apa saja, dan total 20 jam untuk berpuasa. Tidak berbeda jauh dengan level 1 dan level 2. Jika Anda mulai makan di jam 10 pagi berarti Anda memiliki kebebasan makan apa saja hingga jam 2 siang saja. Selebihnya Anda hanya bisa minum air mineral dan minuman tidak berkalori lainnya hingga jam 10 pagi di keesokan harinya.

4. Jendela makan 1 jam 
Level 4 ini adalah level tersulit dalam diet OCD, Anda hanya diperkenankan makan satu kali saja. Katakan Anda memutuskan untuk makan pada jam 12 siang. Ya sudah setelah Anda menyelesaikan makanan Anda, Anda tidak diperbolehkan untuk makan lagi hingga jam 12 siang di keesokan harinya kecuali untuk mengonsumsi air mineral dan minuman tidak berkalori lainnya. 
Level 4 ini tidak dianjurkan untuk dilakukan secara berturut-turut, namun Anda dapat menggunakannya untuk selingan level 1, 2, dan 3.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai diet OCD yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier, bagaimana ? apakah Anda tertarik mencoba ? (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Tags Deddy CorbuzierDietBagikan

Related Stories