Terungkap, Ini 5 Universitas Bergengsi dengan Biaya Termahal di Dunia

Bukan Harvard, Inilah 5 Universitas Bergengsi dengan Biaya Termahal di Dunia, Tertarik untuk Mendaftar? (Instagram.com/johnshopkinsu)

Mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi merupakan impian banyak orang. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkannya karena biayanya yang cukup tinggi.

Namun, mampu bersekolah di universitas bergengsi, Ivy League seperti MIT dan Harvard sangat bermanfaat dan berhubungan dengan peningkatan karier seseorang. Meski begitu, kuliah di tempat-tempat tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tinggi.

Universitas Harvard, salah satu universitas bergengsi ternyata justru tidak termasuk dalam 5 universitas dengan biaya termahal di dunia. Berikut ini daftar kampus dengan biaya paling mahal di dunia.

1. Harvey Mudd College

Harvey Mudd College merupakan universitas yang didirikan pada 1995 dan menawarkan program studi seperti matematika dan sains. Biaya rata-rata untuk tahun 2021 mencapai US$80.000 atau sekitar Rp1,2 miliar (asumsi kurs Rp 14.946 per dolar AS). Namun, universitas ini dinilai sebagai kampus terbaik ke-18 di Amerika Serikat menurut Forbes.

2. Universitas John Hopkins

Bagi Anda yang ingin menjadi mahasiswa di kampus ini, Anda harus menyiapkan biaya kuliah tahunan setidaknya sebesar US$70.000 atau sekitar Rp1 miliar. Universitas ini memberikan jurusan terbaik seperti matematika, sains, dan artificial intelligence (AI)

3. Parson School of Design

Di antara salah satu sekolah seni terbaik di dunia, Parsons membebankan biaya kuliah tahunan sebesar US$67.000 atau sekitar Rp1 miliar. Banyak orang yang kagum dengan arsitektur kampus ini apalagi yang sedang berjalan melewati lingkungan Lower Manhattan, New York. Kampus ini menyediakan berbagai jurusan seperti seni rupa, desain grafis dan digital, studi media, film, dan fotografi.

4. Dartmouth College

Dartmouth College yang terletak di Hannover ini merupakan salah satu kampus yang termasuk dalam Ivy League. Biaya kuliah tahunan untuk Dartmouth yaitu sekitar US$67.000 atau sekitar Rp 1 miliar. 

5. Universitas Columbia

Universitas Columbia merupakan universitas tertua di Negeri Paman Sam, berdiri sejak 1754. Selain itu, Universitas Columbia merupakan kampus pertama yang memberikan gelar master. Biaya kuliah tahunan sekitar US$66.000 atau sekitar Rp986 juta dan jurusan yang disediakan mencakup berbagai minat, dari astronomi hingga arsitektur. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories