5 Cara Agar Tidak Terkena Penipuan Modus Phising dari Pelaku yang Menyamar Karyawan Meta

5 Tips Aman Agar Tidak Terkena Email Phishing Instagram (Pexels.com/Amar Preciado)

JAKARTA - Menjelang akhir tahun 2023, tampaknya orang-orang sudah mulai mengambil hari libur dan tidak bekerja. Namun ternyata, pelaku ancaman kejahatan bisa mengambil keuntungan dari kelengahan yang dilakukan orang-orang.

Penipuan phishing, malware, dan bentuk serangan cyber lainnya ditemukan hampir setiap hari dan menargetkan orang-orang yang tidak bersalah.

Penipuan dengan modus email phishing Instagram baru tampaknya sedang berlangsung di mana pelaku akan menargetkan kredensial login pengguna dengan menyamar sebagai karyawan Meta dalam upaya untuk tidak hanya mendapatkan akses ke username dan password mereka tapi juga sekaligus kode cadangan mereka.

Cara Kerja Email Phishing Instagram

Seperti yang dilansir dari HT Tech, menurut Trustwave, dalam kampanye phishing ini pengguna Instagram akan menerima email dari pelaku ancaman yang menyamar sebagai karyawan Meta.

Email tersebut menyatakan bahwa akun pengguna telah melanggar infringed copyrights. Kemudian, pelaku akan menargetkan pengguna dan akun mereka melalui email phishing yang dirancang untuk mencuri kredensial dan mengambil alih akun mereka.

Anda mungkin juga menganggap email tersebut tampak sah atau valid jika hanya dilihat sekilas. Akan tetapi, jika Anda mengklik tautan apapun yang ada di dalamnya, hal itu dapat membahayakan Anda dan akun Anda.

Email tersebut berisi ‘appeal form’ yang harus diisi dalam waktu 12 jam atau akun tersebut akan dihapus. Namun, ketika tautan tersebut diklik, pengguna akan dibawa ke situs web yang menyamar sebagai portal pusat Meta.

Segera setelah korban mengklik Next, informasi tersebut akan dikirim ke pelaku. Hal ini meminta pengguna untuk memasukkan informasi spesifik seperti username dan password.

Kemudian, pelaku akan menanyakan kepada pengguna apakah otentikasi dua faktor diaktifkan yang ketika diklik akan meminta kode cadangan.

Cara Tetap Aman Terhadap Email Phishing

Berikut beberapa cara agar tetap aman terhadap email phishing.

  1. Hindari mengklik link yang disebarkan di email. Cobalah kunjungi situs resmi perusahaan untuk menemukan link atau tautan yang benar.
  2. Periksa keaslian dan kredibilitas dari alamat email tempat Anda menerima email.
  3. Cari kesalahan ejaan dan tata bahasa pada email dan alamat web.
  4. Hubungi orang lain dan minta bantuan sebelum mengambil tindakan apapun berdasarkan konten yang disebutkan di email.
  5. Siapkan otentikasi dua faktor (2FA) untuk semua akun online Anda. Setelah itu, simpan password yang kuat untuk Anda.

Itu tadi tips aman agar tidak terkena email phishing Instagram.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 22 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories