5 Kombinasi Makanan yang Disebut Ampuh Tingkatkan Kesehatan Tubuh

5 Kombinasi Makanan yang Akan Meningkatkan Penyerapan Nutrisi (Freepik.com/timolina)

JAKARTA - Anda tentu memiliki makanan yang Anda sukai bahkan sering menggabungkannya untuk mendapatkan sensasi rasa yang enak. Namun, ternyata ada alasan untuk menggabungkan makanan tertentu sekaligus, selain soal rasanya.

Cara Anda menggabungkan makanan ternyata dapat memberikan manfaat tertentu, seperti meningkatkan penyerapan nutrisi penting dan meningkatkan efektivitas antioksidan.

Berikut beberapa kombinasi makanan yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi.

Kombinasi Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan

1. Vitamin C dan Zat Besi dari Sayuran

Untuk menyerap zat besi non-heme atau zat besi nabati dengan baik, Anda memerlukan sedikit tambahan dengan memadukannya dengan sumber vitamin C. Vitamin C akan membantu memecah zat besi menjadi bentuk yang lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.

2. Tomat dan Minyak Zaitun

Buah tomat mengandung likopen, zat antioksidan yang mampu melawan penyakit. Likopen dapat membantu mencegah kanker prostat.

Seperti yang dilansir dari NBC News, memasak tomat serta menyajikannya dengan sedikit minyak zaitun telah terbukti meningkatkan penyerapan fotokimia oleh tubuh.

3. Kunyit dan Lada Hitam

Kunyit telah digunakan sebagai bahan penyedap selama berabad-abad. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Selain itu, lada hitam membuat senyawa bermanfaat yang ada di dalam kunyit jadi lebih siap digunakan. 

4. Vitamin D dan Kalsium

Kombinasi vitamin dan mineral ini akan membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Vitamin D membantu mendatangkan lebih banyak kalsium dari makanan atau suplemen yang Anda konsumsi.

Keduanya bekerja sama karena bentuk vitamin D aktif menyebabkan serangkaian efek yang meningkatkan penyerapan kalsium makanan di usus. 

5. Kacang atau Buncis dengan Nasi

Selain manfaat protein pelengkap dalam kacang-kacangan dan nasi, Anda akan mendapatkan manfaat tak terduga dengan mengonsumsi makanan tersebut secara bersamaan.

Kacang dan buncis kaya akan protein dan serat. Kedua bahan makanan tersebut akan memudahkan tubuh mengatur karbohidrat dan membantu mencegah lonjakan gula darah dan penurunan energi.

Itu tadi beberapa kombinasi makanan yang ketika dikonsumsi akan semakin bermanfaat pada tubuh Anda. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 20 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories