7 Dampak Positif Jalan Kaki Setiap Pagi untuk Kesehatan Anda

Inilah 7 Manfaat Kesehatan dari Jalan Pagi Setiap Hari (Freepik)

JAKARTA –  Tidak dapat dipungkiri, adanya kemajuan teknologi dan transportasi membuat aktivitas fisik kita jadi berkurang. Hal itu juga membuat sebagian besar orang jadi lebih malas untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan otot dan otak untuk bekerja, sehingga ruang gerak tubuh semakin terbatas.

Untuk memulai pola hidup sehat, Anda dapat melakukan beberapa hal lain selain makan makanan yang sehat. Salah satunya adalah melakukan aktivitas fisik setiap hari, seperti jalan kaki setiap pagi. Meskipun ini hanya olahraga ringan, manfaat jalan kaki untuk kesehatan Anda tetap penting.

Jalan kaki meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori tubuh, yang memungkinkan penurunan lemak berlebih dan pengendalian berat badan, jika dilakukan secara rutin, aktivitas jalan kaki dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Jalan kaki merupakan olah raga yang mudah dan murah untuk dilakukan.

Dikutip dari website Better Health,  berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru dan menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. Berjalan kaki juga dapat mengontrol atau menurunkan tekanan darah tinggi/hipertensi, kolesterol, nyeri sendi, diabetes, dan hipertensi.

Berikut beberapa manfaat jalan kaki yang dikutip dari website Siloam Hospitals:

Manfaat Rutin Jalan Kaki

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal adalah keuntungan pertama dari jalan kaki. Untuk memaksimalkan proses metabolisme dan pembakaran kalori, aktivitas fisik ini memerlukan gerakan tubuh Anda secara keseluruhan. 

Jalan kaki selama 30 menit setiap hari bersamaan dengan menjaga pola makan sehat dapat menurunkan risiko terkena obesitas.

2. Mengontrol Gula Darah

Jalan kaki secara teratur juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Jalan kaki selama beberapa menit setelah makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, yang dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

3. Menambah Volume Paru-Paru

Dengan berjalan kaki, Anda dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah dan melatih paru-paru. Dengan bernafas lebih dalam dan lebih baik, penyakit paru-paru juga dapat dikurangi.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan setelah makan untuk membantu pencernaan Anda. Salah satunya adalah berjalan santai selama 20 hingga 30 menit, supaya lebih lancar dalam metabolis tubuh Anda.

5. Memperkuat Otot Kaki dan Tulang

Berjalan kaki secara teratur dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot kaki serta menurunkan risiko osteoporosis secara tidak langsung. Anda dapat memaksimalkan manfaat ini dengan berjalan pada jalan yang menurun dan menanjak.

6. Memperkuat Kesehatan Sendi

Jalan kaki secara teratur membantu kesehatan sendi, mulai dari lutut hingga panggul, karena menggerakkan kaki terus-menerus sehingga cairan sinovial penuh pada sendi. Selain itu, jalan kaki dapat meredakan nyeri yang disebabkan oleh radang sendi.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jalan-jalan di pagi hari, terutama saat sinar matahari mulai muncul, sangat bermanfaat karena proses sintesis vitamin D, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Jalan kaki atau aktivitas aerobik lainnya yang dilakukan selama 30 hingga 45 menit setiap hari dapat mempercepat penyembuhan infeksi saluran pernapasan atas.

Jalan kaki adalah latihan kardio yang sederhana dan mudah. Namun, manfaat jalan kaki tidak semudah yang terlihat. Untuk menjaga kesehatan Anda, jangan ragu untuk berjalan kaki karena banyak manfaatnya. Tunggu apa lagi? Jalan kaki secara rutin adalah langkah pertama menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Prita Lyani Ayuninda pada 10 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 13 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories