7 Manfaatnya Menakjubkan dari Rutin Mengonsumsi Buah Pepaya

Manfaat Konsumsi Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh (Freepik)

JAKARTA - Buah pepaya adalah salah satu buah tropis yang mudah kita jumpai baik di pasar hingga di toko swalayan. Tidak hanya mudah didapat, buah pepaya juga harganya terjangkau.

Selain itu, buah pepaya mengandung banyak vitamin seperti kalsium, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, K, dan antioksidan.

Anda tentu sudah sering mendengar bahwa buah pepaya memiliki banyak khasiat, termasuk untuk mengatasi masalah pencernaan. Tidak hanya itu, buah pepaya juga memiliki khasiat lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi buah pepaya.

Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya

Berikut beberapa khasiat buah pepaya untuk kesehatan tubuh, seperti yang dilansir dari laman resmi Kemenkes.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Studi menunjukkan likopen yang terkandung dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu melawan radikal bebas penyebab pertumbuhan sel kanker.

2. Menyehatkan Jantung

Konsumsi buah pepaya secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kebiasaan tersebut membantu mencegah penyakit jantung berkat kandungan likopen dan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah pepaya juga efektif untuk mengurangi kerusakan oksidatif.

3. Melawan Peradangan

Buah pepaya mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk membantu mengurangi peradangan kronis yang menjadi penyebab banyak penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker.

4. Melancarkan Pencernaan 

Papain yang terkandung dalam pepaya mempermudah pencernaan protein, membantu mencegah sembelit dan kembung.

5. Melindungi Kesehatan Kulit

Vitamin C dan likopen yang terkandung dalam pepaya membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan, menjaganya tampak lebih kencang dan awet muda.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K yang terdapat di dalam pepaya mampu membantu menjaga kesehatan tulang, penting untuk penyerapan kalsium dan kekuatan tulang.

7. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Pepaya kaya serat yang dapat menurunkan kadar gula darah, membantu menjaga stabilitas gula darah bagi penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Itu tadi beberapa manfaat mengonsumsi buah pepaya untuk kesehatan tubuh.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 29 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Tags pepayaKesehatanbuahBagikan
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories