Alasan Mengapa Pepaya Layak Rutin Dikonsumsi

Manfaat Konsumsi Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh (Freepik.com/Jcomp)

JAKARTA - Konsumsi buah tentu adalah hal yang harus dilakukan setiap hari. Hal ini karena buah seperti pepaya mengandung serat, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

Buah pepaya memiliki banyak nutrisi, seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, antioksidan, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, vitamin C, vitamin E dan vitamin K

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi buah pepaya.

Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya 

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat kesehatan dari pepaya adalah kemampuannya dalam memperlancar pencernaan. Hal tersebut disebabkan oleh keberadaan enzim-enzim seperti papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase di dalamnya. Enzim papain, khususnya, memiliki kandungan tertinggi saat buah pepaya telah matang, membantu proses pencernaan protein dalam tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pepaya kaya akan vitamin A, C, dan E, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan yang kuat, akan berkurang risiko terkena penyakit akibat infeksi. 

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C dan likopen dalam pepaya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam buah ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Buah pepaya yang telah matang memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada yang masih muda, sehingga dapat lebih efektif dalam menghambat radikal bebas.

4. Perawatan Kulit dan Rambut

Pepaya memiliki manfaat bagi kesehatan kulit dengan kemampuannya menjaga kelembapan dan mengurangi kerutan. Enzim papain dalam pepaya juga dapat membantu membuat kulit menjadi lebih lembut. 

Selain itu, kandungan vitamin A dan C dalam buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, menjaga kelembapan serta pertumbuhan rambut yang sehat.

5. Menyembuhkan Luka pada Sistem Pencernaan

Pepaya juga memiliki sifat penyembuhan terhadap luka pada sistem pencernaan, membantu melindungi dan memperbaiki lapisan perut serta sistem pencernaan.

Meskipun begitu, konsumsi pepaya sebaiknya tidak berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan, meskipun mengandung banyak serat.

Itu tadi beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari konsumsi buah pepaya. 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 06 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories