Berkat Umi, Mahasiswa Padang Panjang Raih Penghargaan dari Megawati

Joni Saputra memperlihatkan hadiah yang diraihnya (dok Pemko Padang Panjang)

Seorang mahasiswa Padang Panjang, Sumatera Barat, Joni Saputra, berhasil menoreh prestasi kategori Terbaik Utama Festival Pahlawan Desa Tingkat Nasional Tahun 2021 bertajuk "Kawal Pancasila dari Desa".

Joni menampilkan karya yang berjudul Dia adalah Umi. Pada karya Joni ini, berhasil merekam sebuah video yang menggambarkan sosok Umi yang sudah sepuh, namun memiliki kepedulian terhadap kaum miskin dan difabel di Nagari Lasi Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

Usahanya itu pun diapresasi oleh Megawati Soekarnoputri. Dengan video tersebut Joni berhasil meraih prestasi untuk kategori kelompok 4, pemenang utama video pendek. Pengumuman ini sudah diketahui Joni pada 20 Agustus lalu.

Hadiahnya diterima Joni hari ini, Senin (29/11/2021) dari Megawati setelah seminggu lalu ia selesai diwisuda di UMSB.

Joni merupakan ahasiswa semester akhir Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) kampus 2 di Padang Panjang.

Joni mengikuti lomba yang diadakan Badan Kebudayaan Nasional bekerja sama dengan Badan Kebudayaan Nasional DPP PDI Perjuangan dalam rangka memperingati 120 tahun Bung Karno, bulan Juli lalu.

Lomba tersebut diikuti sebanyak 357 peserta dari Sabang sampai Merauke.

Joni mengaku, banyak proses yang dilaluinya dalam menyukseskan festival ini. Mulai dari launching festival pada 5 Juli, pengiriman karya 5-31 Juli 2021, hingga penilaian oleh dewan juri pada 9-16 Agustus lalu. Pada 17 Agustus, tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan diumumkan 120 besar.

Editor: Sutan Kampai

Related Stories