Besok, Festival Pesona Minangkabau 2021 di Gelar di Tanah Datar

Istano Basa Pagaruyuang (wikipedia)

Sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, Festival Pesona Minangkabau akhirnya resmi kembali digelar pada 13-14 November 2021. Mengusung konsep hybrid, event terbesar di Sumatera Barat ini bakal dilaksanakan secara online dan offline.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar, Abdul Hakim menyatakan konsep ini memungkinkan tetap terlaksananya promosi pariwisata di Tanah Datar namun dengan pembatasan kunjungan wisatawan di masa pandemi.

Perhelatan akbar yang merupakan bagian dari Karisma Event Nusantara 2021 ini akan dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung dengan beberapa event seperti Pawai Budaya Authentic Minangkabau, Pagelaran Tari Spesifik Minangkabau, Pagelaran Silek Minangkabau, Pagelaran Budaya Minangkabau, Minangkabau Expo, Pasar Kuliner Minangkabau, dan Lomba Merancang Event Nagari.

Selain itu, pemecahan rekor muri yang merupakan event ikonik Festival Pesona Minangkabau juga akan kembali digelar. Tahun ini, Tanah Datar siap memecahkan rekor muri Tari Piring Virtual terbanyak dengan target 6000 penari dari seluruh Tanah Datar.

Rangkaian event dalam Festival Pesona Minangkabau 2021 akan berlangsung mulai pukul 9.00 WIB sampai 17.30 WIB.

Abdul Hakim menyebut event ini dapat disaksikan secara langsung namun jumlah pengunjung akan dibatasi guna mencegah kerumunan dan menghindari penyebaran Covid-19.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya jika event pesona Minangkabau dilaksanakan di beberapa tempat tanpa dibatasi pengunjung, namun kali ini karena di masa pandemi kita hanya mengundang 200 orang saja,” katanya, melalui keterangan tertulisnya, Jumat 12 November 2021.

Festival Pesona Minangkabau telah menjadi event kebanggaan Tanah Datar sejak ditetapkan sebagai salah satu event pariwisata nasional yang masuk ke dalam 100 wonderful event di Indonesia sejak 2017 lalu.

Editor: Sutan Kampai

Related Stories