Biar Puasanya Terasa Lebih Sehat, Coba Konsumsi 5 Buah Ini Saat Berbuka

ilustrasi | pixabay (pixabay)

Memakan buah adalah salah cara untuk tetap menjaga mobilitas tubuh saat berpuasa. Buah yang paling khas saat bulan puasa adalah buah kurma. Buah ini merupakan salah satu makanan terbaik untuk berbuka puasa karena mengandung banyak serat, protein, dan mineral.

Kurma juga padat kalori sehingga dapat membuat tubuh Anda berenergi kembali setelah seharian berpuasa. Namun, bukan hanya kurma yang wajib anda konsumsi.

Mengutip berbagai sumber, berikut ini beberapa buah yang cocok anda konsumsi ketika bulan puasa.

1. Pisang

Pisang merupakan sumber energi dan mineral, terutama kalium. Mengonsumsi buah pisang saat sahur dapat menjaga keseimbangan elektrolit tubuh yang mungkin akan berubah ketika kekurangan asupan saat berpuasa.

2. Semangka

Buah ini mengandung likopen yang ampuh menangkal serangan radikal bebas dan antikanker. Selain itu, semangka adalah sumber antioksidan serta vitamin C dan A melimpah. Semangka sudah lama dikenal sebagai pendingin tubuh. Karena itu, buah semangka termasuk kedalam buah yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadan.
 

3. Jeruk

Kamu pastinya pernah memakan jeruk setelah makan besar ataupun setelah berbuka puasa bukan? Jeruk memiliki kandungan seperti asam folat dan antioksidan yang membantu melawan penyakit.

Selain dapat dikonsumsi langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi jus menyegarkan yang bisa dikonsumsi selama bulan Ramadan.
 

4. Belimbing

Belimbing kaya akan vitamin, mineral, antioksidan quercetin, asam galat, dan epikatekin. Berbagai antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas, meredakan peradangan, dan menurunkan kadar kolestrol darah. Buah ini cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh tetap terjaga selama bulan puasa.
 

5. Pepaya

Kandungan vitamin A, vitamin C, serta berbagai antioksidan di dalam buah papaya dapat
membantu anda untuk mengatasi masalah buang air besar (BAB) yang mungkin terjadi saat bulan puasa. Buah ini cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. (*)

Tulisan ini telah tayang di sijori.id oleh Pungki pada 03 Apr 2022 

Editor: Redaksi

Related Stories