Google Doodle 29 Oktober 2022 Tampilkan Warna-Warni Makanan, Ini Maknanya?

Ilustrasi Tempe Mendoan Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa Maknanya? (Google.com)

Hari ini Google Doodle menampilkan ilustrasi warna-warni dengan makanan yang akrab untuk masyarakat Indonesia yaitu tempe. Diketahui ilustrasi tempe mendoan tersebut merupakan karya ilustrator asal Semarang, Jawa Tengah yaitu Reza Dwi Setyawan.

Tempe sendiri merupakan makanan fermentasi bergizi tinggi yaitu kaya akan kandungan protein. Makanan yang sudah ada selama 400 tahun ini berasal dari Indonesia dan biasanya terbuat dari kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang lainnya lalu diolah dengan proses fermentasi yang sama.

Google Doodle hari ini menampilkan Tempe Mendoan yaitu salah satu jenis tempe goreng di Indonesia yang merupakan bagian ikonik dari masakan Indonesia serta dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada hari ini di tahun 2021.

Tempe pertama kali didokumentasikan pada tahun 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada tahun 1814.

Orang-orang di seluruh dunia saat ini mengonsumsi tempe sebagai pengganti daging, dipadukan dengan nasi dan sayuran. Tempe menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan usus dan otak. 

Selain itu, tempe juga kaya akan nutrisi seperti protein, serat, prebiotik, dan vitamin B12, makanan berbahan dasar kedelai yang diproses secara minimal ini menjadi pilihan populer bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia dan muncul di kalangan pecinta kesehatan di seluruh dunia. Berbagai daun dapat digunakan untuk membungkus tempe selama fermentasi, seperti daun waru, jati, dan jambu adalah beberapa yang tertua, sedangkan daun pisang adalah yang paling populer di Indonesia.

Ada banyak cara untuk mengkonsumsi Tempe, tetapi karena rasanya yang enak, 'tempe goreng' telah menjadi hidangan tempe yang paling populer. Tempe goreng biasanya dipadukan dengan berbagai jenis sambal (ditumbuk dan dibumbui cabai) dan kecap manis (kecap manis yang terbuat dari kedelai yang difermentasi). (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Tags google doodleBagikan

Related Stories