Harga Cabai Masih Selangit, Coba Cara Ini Biar Hemat Uang Belanja

Cabai Masih Melambung, Ini Cara Hemat Anggaran Belanja (trenasia)

Harga beberapa komoditas pangan akhir-akhir ini masih melambung tinggi. Hal ini tentunya membuat ibu rumah tangga merasa kewalahan dalam mengatur keuangan. Berdasarkan data dari PIHPS pada Selasa, 21 Juni 2022, harga cabai rawit merah masih di harga Rp92.900 per kilogram (kg).

Disusul cabai hijau dan cabai merah keriting masing-masing di harga Rp66.250 per kg serta Rp75.400 per kg.

Selain itu, telur di harga Rp29.350 per kg, minyak goreng curah Rp18.050, dan gula pasir Rp16.000 per kg. Mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda menerapkan 3 cara ini untuk menghemat anggaran belanja rumah tangga.

Pertama, lakukan pemisahan antara kebutuhan dan keinginan. Anda perlu menggolongkan mana saja hal-hal yang bisa dikesampingkan terlebih dahulu dan mana yang harus menjadi prioritas.

Buat pos-pos serta kendalikan pengeluaran harian, tinggalkan pos yang tidak terlalu penting dan gantikan dengan kebutuhan primer.

Langkah kedua, lakukan substansi jenis barang yang digunakan. Misalnya jika biasanya Anda membeli bahan yang mahal maka bisa ditukar dengan bahan sejenis dengan harga yang lebih miring.

Hal ini jika dibiasakan akan dapat menghemat pengeluaran pada pos tersebut, dan bisa dialokasikan ke pos lainnya.

Terakhir cara mengehemat pengeluaran dengan mengatur frekuensi konsumsi. Anda dapat mengatur seberapa sering makan cemilan, frekuensi belanja atau makan di luar rumah.

Selain itu Anda bisa menerapkan 70% alokasi dana untuk kebutuhan sehari-hari dan 30% untuk hutang, menabung dan asuransi. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories