Ini Sumber Penghasilan Pasif yang Mudah Dilakukan Bagi Youtuber di Tahun 2022

Cara Download Lagu dari YouTube Tanpa Install Aplikasi Khusus (Freepik.com/Ijeab)

Tidak hanya pendapatan aktif, Anda juga penting untuk memiliki penghasilan pasif. Penghasilan atau pendapatan aktif bisa didapatkan lewat pekerjaan utama Anda. Sumber penghasilan aktif yaitu gaji, bonus penghasilan, serta tunjangan.

Meski pendapatan aktif Anda saat ini relatif cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Anda tetap bisa menggunakan penghasilan pasif untuk menambah penghasilan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui sumber dan cara dari pendapatan pasif ini.

Pada umumnya, pendapatan pasif atau passive income bisa didapat dengan memaksimalkan kepemilikan aset yang sudah Anda miliki. Untuk Anda yang ingin segera mendapat penghasilan pasif, cobalah beberapa cara berikut ini.

Mulai Investasi

Anak muda zaman sekarang tentu sudah akrab dengan investasi. Ya, investasi dalam bentuk saham atau reksa dana bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan pasif. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan pasif yang lebih besar maka harus diiringi dengan peningkatan jumlah uang yang diinvestasikan.

Menulis Blog

Untuk mendapatkan penghasilan pasif, Anda bisa mulai melakukan menulis di blog. Anda bisa memasang Google AdSense di blog Anda yang akan berkontribusi dalam meningkatkan penghasilan pasif Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendaftar di platform tertentu untuk blog Anda agar mendapatkan penawaran menerbitkan suatu postingan berbayar.

Menyediakan Kursus Online

Generasi zaman sekarang lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan pasif lewat internet, salah satunya dengan memanfaatkan YouTube. Anda bisa menyelenggarakan kursus mengenai skill apapun yang Anda kuasai, seperti cara membuat tulisan yang SEO friendly, cara menggunakan spreadsheet atau MS. Excel, dan sebagainya. Anda juga bisa menjual kemampuan Anda ini untuk membimbing orang-orang yang ingin belajar seputar skill yang Anda kuasai.

Mengunggah Foto di Situs Jual Beli Foto

Anda bisa menghasilkan penghasilan pasif melalui foto yang Anda miliki saat ini. Anda juga tidak perlu menjadi seorang fotografer profesional agar bisa mendapatkan uang lewat menjual foto. Ada banyak situs jual beli foto seperti iStock, Shutterstock, Getty Images dan sebagainya yang bisa menjadi sebuah wadah agar Anda bisa mendapatkan uang lewat menjual foto yang Anda buat.

Buat Channel YouTube

Anda bisa mengandalkan AdSense dari YouTube untuk mendapatkan uang. Tentu saja channel YouTube yang Anda buat harus memiliki konten yang menarik dan informatif agar menarik banyak orang untuk mengunjungi dan menyukai konten yang Anda buat.

Itu tadi beberapa sumber penghasilan pasif dan cara mendapatkannya yang bisa Anda coba mulai sekarang. Siapa tahu dengan memulai dari sekarang, Anda bisa mendapatkan peningkatan atau kenaikan pendapatan pada tahun depan. Selamat mencoba. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories