Jumlah Penerbangan di Bandara Soeta saat Nataru Alami Meningkat

Sejumlah calon penumpang memadati area check in counter Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Puncak kepadatan libur Nataru diperkirakan terjadi kemarin dan hari ini, 24 Desember 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Pergerakan pesawat sejak awal periode libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 disebut meningkat hingga dua kali lipat dari biasanya, khusus di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa terdapat lonjakan angkutan udara saat libur akhir tahun berdasarkan frekuensi take off dan landing pesawat. Dari yang biasanya 700 take off dan landing perhari, saat ini meningkat 1.040 sampai 1.050 per hari.

Perkiraan puncak kepadatan penumpang terjadi kemarin Jumat 23 Desember 2022 dan hari ini 24 Desember 2022. Puncak libur Natal Tahun Baru ini dibarengi dengan awal liburan sekolah. Dibandingkan dengan tahun lalu ada kenaikan penumpang 80% dan pergerakan pesawat 48 persen, dikarenakan tahun lalu prokes dan persyaratan penerbangan masih cukup ketat. Tahun ini walaupun dengan prokes yang tetap namun persyaratan lebih mudah.

Berdasarkan data Nataru rute favorit penumpang menuju ke sejumlah kota di Indonesia yaitu, Medan, Makasar, dan Denpasar. Sementara untuk Luar Negeri, rute favorit adalah Singapura dan Thailand. Sementara untuk data bandara lain yang dikelola AP II juga menunjukkan peningkatan jumlah penumpang dan penerbangan saat Nataru. Ia mengatakan, pergerakan pesawat di luar Bandara Soekarno-Hatta mencapai 300 penerbangan per bandara. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories