Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp62,5 Triliun

Ilustrasi pabrik Tesla. (The Verge)

Elon dikabarkan menjual Saham Teslanya senilai US$4 Miliar atau kisaran Rp62,5 triliun bulan ini. Menurut Musk, hal ini dilakukan untuk berjaga jika sekiranya terjadi bencana.

Mengutip Insider Sabtu, 24 Desember 2022, Bos perusahaan mobil listrik itu tampaknya khawatir jika terjadi kenaikan suku bunga yang lebih tinggi. Belum lagi ancaman resesi yang serius bisa menjebloskan perusahaan serta dirinya.

"Saya perlu menjual beberapa stok hanya untuk memastikan ada pegangan untuk memperhitungkan skenario terburuk," kata Musk seperti dikutip TrenAsia.com.

Alasan musk tentunya tidak mengada-ngada. Sebab sebagaimana diketahui, innflasi dilaporkan melonjak ke level tertinggi 40 tahun sebesar 9,1% pada bulan Juni.

Hal ini  mendorong Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga dari hampir nol pada bulan Maret menjadi lebih dari 4% dan memberi sinyal bahwa mereka dapat mencapai puncaknya di atas 5% tahun depan.

Musk menjelaskan bahwa tarif yang lebih tinggi sangat menyakitkan bagi pembuat mobil, karena sebagian besar pelanggan mereka membeli mobil dengan pinjaman dan sewa. Mereka sangat memperhatikan pembayaran bulanan mereka yang biasanya naik bersamaan dengan tarif.

Sebagaimana diketahui, biaya pinjaman yang lebih tinggi berdampak pada naiknya harga mobil. Menurut Musk, ini berarti pabrikan harus memangkas harga untuk mempertahankan pelanggan atau mendatangkan lebih banyak. Akibatnya, kenaikan tarif cenderung meredam permintaan dan menggerogoti keuntungan pembuat mobil, yang dapat membebani harga saham mereka.

Pada saat yang sama, suku bunga yang lebih tinggi berarti orang mendapatkan pengembalian yang lebih baik dari aset yang aman seperti rekening tabungan dan obligasi pemerintah.

"Itu membuat kami lebih menarik bagi investor jika dibandingkan dengan aset berisiko seperti saham," kata Musk.

Sekadar informasi, saham teknologi seperti Tesla cenderung dinilai berdasarkan potensi pendapatan mereka di masa depan. Keuntungan tersebut menjadi kurang berharga ketika harga melonjak saat ini.

Selain menunjuk pada tarif, Musk memperingatkan resesi yang parah akan memukul penjual barang-barang mahal yang dibeli secara kredit. Sebabm di masa-masa sulit, konsumen akan berhenti membeli produk tersebut sebelum menyerah pada kebutuhan pokok.

"Hal-hal yang dibeli dengan utang - pada dasarnya, perumahan dan mobil akan menjadi dua yang terbesar akan terkena dampak yang tidak proporsional," kata Musk.

Seperti yang telah terjadi, Saham Tesla telah anjlok hampir 70% tahun ini, karena investor telah meninggalkan saham pertumbuhan dan menukar ekuitas dengan aset yang lebih aman.

Jika tarif yang lebih tinggi terus menyeret turun pasar yang lebih luas, dan dikombinasikan dengan resesi untuk menangani satu-dua pukulan terhadap keuntungan Tesla, harga saham pembuat mobil itu bisa jatuh lebih jauh.

Sementara, musk secara pribadi meminjam saham Tesla-nya untuk mendanai pengambilalihan Twitter senilai US$44 miliar atau kisaran Rp660 Triliun (asumsi kurs Rp15.600 per dolar AS) dengan pinjaman bank yang sekarang ada di neraca perusahaan media sosial.

Jika permintaan berkurang di Tesla, nilai sahamnya semakin menyusut, dan Twitter harus membayar lebih banyak bunga atas utangnya. Tentunya ini bisa menjadi skenario terburuk yang pernah dia alami.

Saat ini, Musk mungkin hanya mengambil tindakan pencegahan, dan belum tentu dia atau perusahaannya akan mendapat masalah. Meski begitu, Miliarder teknologi ini menekankan bahwa Tesla dalam kondisi sangat baik dan mengakui bahwa dia agak paranoid setelah melalui dua resesi yang sangat intens. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Tags elon muskteslaBagikan

Related Stories