Kegiatan Donor Darah Kolaborasi KITA Raih 2 Penghargaan MURI

Suharto selaku Bapak Komunitas Indonesia saat menunjukkan 2 plakat rekor MURI (istimewa)

Kegiatan donor darah dalam momentum peringatan Sumpah Pemuda 2021 yang diselenggarakan oleh Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) secara serentak di 91 kota/kabupaten di Indonesia Timur raih penghargaan MURI.

Inisiator lahirnya Kolaborasi KITA, Bayu Surya Pamugar Sugeng, mengatakan, terdapat dua penghargaan yang diberikan MURI. Pertama, Rekor MURI untuk kategori Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak. Rekor MURI kedua adalah Donor Darah Serentak di Kota dan Kabupaten Terbanyak.

"Jadi dalam kegiatan ini ada 715 komunitas dengan jumlah 6.816 peserta, dan darah yang terkumpul mencapai 4.547 kantong. Hal ini membuat Kolaborasi KITA diganjar dua penghargaan MURI," katanya, melalui keterangan tertulis, Senin 8 November 2021.

Menurutnya kegiatan tersebut didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 91 kota/kabupaten, dan bertajuk Bakti Pemuda Setetes Darah Untuk Negeri 2021.

Selam berlangsungnya acara, penitia menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

"Menjadi kebanggaan bagi kami dari Kolaborasi KITA dapat memperingati sumpah pemuda dengan menyediakan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Terima kasih kepada ribuan anggota komunitas dan masyarakat yang telah menjadikan kegiatan hebat ini dapat terwujud," ujarnya.

Kegiatan ini melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders, dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community.

Kegiatan yang memasuki tahun kedua ini menjadi bukti dari komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA untuk terus mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama, khususnya di antara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Berkat totalitas dari ratusan komunitas untuk menggerakkan anggota dan masyarakat di sekitarnya, kegiatan Bakti Pemuda, #SetetesDarahUntukNegeri2021 juga berhasil mendapatkan penghargaan dari MURI.

“Lagi-lagi Kolaborasi KITA mengukir tinta emas MURI setelah tahun 2020 lalu juga melakukan kegiatan yang sama. Tahun ini kegiatan tersebut berhasil mencatatkan rekor museum dunia Indonesia, ada dua kategori rekor MURI yang didapat, yaitu pertama, Rekor Donor Darah Oleh Komunitas Terbanyak, dan kedua adalah rekor Donor Darah Serentak di Kabupaten dan Kota Terbanyak,” jelas pendiri MURI Jaya Suprana.

Menurutnya rekor ini dianugerahkan kepada seluruh komunitas di seluruh Indonesia Timur yang tergabung dalam Kolaborasi KITA.

Rekor ini dianugerahkan dan diwakilkan oleh PT Sumber Cipta Multiniaga, dan PT Inspirasi Indonesia Maju (INSPIRE INDONESIA). Kegiatan ini, selain mencatatkan jumlah komunitas yang berdonor dengan jumlah terbesar, juga membantu kebutuhan darah saat pandemi.

Bapak Komunitas Indonesia Suharto menyampaikan apresiasinya atas partisipasi ribuan anggota komunitas dan masyarakat dalam kegiatan Bakti Pemuda, #Setetes Darah Untuk Negeri 2021. Antusiasme Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan berbagai komunitas lain menjadi bukti bahwa semangat persatuan dan ke-Indonesiaan itu tidak pernah luntur.

"Generasi boleh berganti, tapi semangat, budaya dan jiwa sosial sebagai orang Indonesia jangan pernah ditinggalkan. Kolaborasi KITA menjadi wadah yang tepat untuk memperkuat solidaritas antar komunitas. Kita menunggu kreativitas dan kolaborasi lain dari rekan-rekan Komunitas Indonesia Timur yang besar dan hebat ini," kata Suharto.  

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dengan jumlah 531 komunitas dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak 105 Karang Taruna.

Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

Gunawan Prasetyo mewakil KITA mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah di bulan Sumpah Pemuda menjadi salah satu program tetap dari Kolaborasi KITA. Setiap tahun, gabungan beragam komunitas ini juga konsisten membagikan daging kurban di Hari Raya Kurban di lebih dari 60 kota/kabupaten di Indonesia Timur.

Sementara sebagai bagian dari program peduli bencana, Kolaborasi KITA telah memiliki wadah yaitu tim Tanggap Bencana (TAGANA) KITA yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

"Komunitas dari berbagai kota dengan beragam latar belakang ini telah membuktikan bahwa  melalui kolaborasi komunitas yang besar ini semakin hebat dan terus berkontribusi positif bagi masyarakat luas. Terima kasih rekan-rekan komunitas Indonesia Timur, Andalah pemenangnya!," ungkap Prasetyo. 

Editor: Sutan Kampai

Related Stories