Pemerintah Bakal Bagikan Paket Kompor Listrik Gratis untuk 300 Ribu Rumah

Siap-Siap Pemerintah Bakal Bagikan Paket Kompor Listrik Gratis pada 300 ribu Rumah (null)

Rencana pemerintah untuk terus mendorong penggunaan kompor listrik semakin nyata realisasinya. Pemerintah akan membagikan paket kompor listrik gratis kepada 300.000 rumah tangga.

Sekertaris Jenderal Kementerian Energidan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan nantinya penerima bantuan kompor listrik merupakan masyarakat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Rencananya tahun ini 300.000 penerima. Jadi satu rumah itu dikasih satu paket, kompornya sendiri, alat masaknya sendiri, dayanya dinaikkan," ujar dia saat ditemui di Gedung DPR RI pada Selasa, 20 September 2022.

Paket tersebut terdiri dari satu kompor listrik, satu alat masak, dan satu Miniature Circuit Breaker (MCB) atau penambah daya khusus untuk kompor listrik.

Rida menambahkan, hingga saat ini, pihaknya masih melakukan uji coba terhadap usulan kompor listrik satu tungku diubah menjadi lebih besar. Pemerintah juga masih mengkalkulasi harga yang pasti terkait usulan ini.

Terkait daya, yang akan dibagikan sebesar 800 watt untuk dua tungku. Namun DPR mengusulkan untuk menaikkan daya hingga 1000 watt.

Adapun harga untuk paket kompor listrik ini sekitar Rp1,8 juta. Sehingga jika sasaran 300.000  rumah tangga, maka pemerintah harus menggelontorkan dana sekitar Rp540 miliar. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Tags Kompor Listrik, PLNBagikan

Related Stories