Potensi Kendaraan Listrik, Indika Energy (INDY) Dirikan Perusahaan Baru

Emiten pertambangan batu bara milik anak konglomerat Sudwikatmono PT Indika Energy Tbk (INDY) saat RUPST 2018 ( Foto: Dok. Indika Energy)

Emiten batu bara milik anak konglomerat Sudwikatmono PT Indika Energy Tbk (INDY) melalui anak usaha perseroan dengan kepemilikan 100% yakni PT PT Solusi Mobilitas  Indonesia (SMI) dan PT Electra Distribusi Indonesia (EDI) telah mendirikan entitas usaha baru yakni PT Electro Auto Indonesia (EAI) pada Kamis, 28 April 2022 lalu.

EAI merupakan perusahaan dealership yang berguna untuk pengembangan bisnis dan kegiatan ekspansi perseroan dari lini usaha kendaraan listrik, khususnya roda dua di dalam negeri.

Sekretaris Perusahaan INDY Adi Pramono mengungkapkan pendirian EAI telah resmi dinyatakan dalam akta pendirian No. 38 pada 28 April 2022 yang  dibuat dihadapan Ungke Mulawanti, Notaris di Bekasi dan telah mendapat pengesahan sebagai badan hukum oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik melalui Surat Keputusan No. AHU-0030446.AH.01.01.TAHUN 2022 tanggal 29 April 2022.

Adapun kegiatan usaha EAI ialah melakukan melakukan usaha perdagangan eceran sepeda motor baru maupun bekas termasuk sepeda termasuk juga motor pendek (moped). 

Kemudian EAI juga melakukan penjualan eceran suku cadang serta aksesoris sepeda motor hingga ke lini usaha reparasi dan perawatan sepeda motor yang termasuk dalam pemeliharaan.

Dari segi kepemilikan saham, EDI menggenggam sebanyak 99,9% saham EAI setara dengan Rp999 juta, sedangkan SMI memegang 0,1% saham EAI yang mewakili Rp1 juta, sehingga total nilai EAI setara dengan Rp1 miliar.

Sementara itu, pergerakan saham INDY pada perdagangan Rabu, 11 MEI 2022 ini berhasil ditutup menguat 110 poin sama dengan naik 4,42% ke harga Rp2.600 ditengah penurunan yang masih menerpa IHSG sejak dibukanya perdagangan pasca libur lebaran. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories