Wow, Instagram Siap Hadirkan Fitur NFT

ilustrasi | freepik (freepik)

Instagram sedang bersiap-siap untuk menghadirkan fitur non-fungible token (NFT) di platformnya lewat integrasi dengan beberapa jaringan blockchain. Adapun jaringan blockchain yang akan diintegrasikan dengan Instagram untuk fitur NFT adalah Ethereum, Polygon, Solana, dan Flow.

Dikutip dari CoinDesk, sejauh ini belum diketahui apakah Instagram akan langsung berintegrasi dengan keempat jaringan tersebut atau akan melakukannya secara bertahap.

Namun, Instagram menjamin bahwa pihaknya tidak akan membebankan biaya kepada pengguna untuk mengunggah atau berbagi NFT yang mereka miliki.

Untuk fitur NFT di platform, Instagram juga menjalin kerja sama dengan beberapa dompet kripto, di antaranya MetaMask. Pengguna bisa mengintegrasikan dompet kripto mereka untuk membuktikan kepemilikan NFT, menampilkannya di profil, dan menandai pembuatnya.

Instagram melaksanakan proyek percontohan kepada komunitas penggemar NFT di Amerika Serikat (AS) setelah sebelumnya CEO Meta, Mark Zuckerberg mengumumkan rencana kehadiran fitur aset digital itu di Instagram pada Maret 2022.

"Saya berharap pakaian yang dikenakan avatar Anda di metaverse dapat dicetak sebagai NFT dan Anda dapat membawanya ke tempat yang berbeda," ujar Zuckerberg kepada Business Today, Rabu, 16 Maret 2022.

Saat dia membocorkan rencana Instagram untuk menghadirkan fitur NFT, Zuckerberg juga menyampaikan bahwa tim yang bersangkutan sedang berupaya mengatasi kendala teknis demi kenyamanan para pengguna Instagram dalam menggunakan fitur NFT.

Adam Mosseri selaku bos Instagram pun sempat menyatakan minatnya terhadap NFT dan pihak perusahaannya pun secara aktif melakukan eksplorasi terhadap dunia NFT yang dinilai Mosseri sebagai ekosistem digital yang sangat menarik dan dapat membantu para content creator.

Upaya untuk membawa NFT kepada Instagram pun sejalan dengan visi Meta terkait keterhubungan dunia maya dalam bentuk metaverse yang dapat memberikan keuntungan nyata dan dipenuhi dengan aset-aset digital.  (Sijori.id)

Editor: Redaksi
Bagikan
Sutan Marajo

Related Stories