Sumbar Rancang Penyambutan "Selamat Datang" untuk Wisatawan Asing dengan 3 Bahasa

Penampilan Seni Bela Diri Pencak Silat yang ditampilkan saat ada kunjungan wisatawan di Desa Kubu Gadang, Padang Panjang. (Dok. Kominfo)

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyebutkan akan banyak perhelatan dan event di berbagai daerah di Sumatera Barat pada tahun 2023 mendatang.

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi mengatakan penting pula bagi daerah untuk menyiapkan sumber daya yang handal dalam bahasa asing.

Untuk dia meminta agar Dinas Pariwisata menyiapkan ucapan selamat datang dalam tiga bahasa asing, yakni bahasa Arab, Inggris dan Mandarin.

"Ucapan selamat datang tersebut bisa dirancang sedemikian rupa dan ditempatkan di pintu-pintu masuk ke Sumbar. Seperti di Bandara Internasional Minangkabau, hotel, dan lokasi strategis lainnya," katanya melalui keterangan tertulis, Minggu 9 Januari 2022.

Menurutnya ucapan selamat datang ini merupakan bentuk penghargaan pada tamu-tamu yang datang.

"Jadi jangan hanya dalam bahasa Indonesia, sebab tamu kita juga ada dari Eropa, Timur Tengah, bahkan juga pernah ada rombongan dari China yang berkunjung ke Masjid Raya Sumbar," sambung Buya.

Gubernur menambahkan, dalam waktu dekat juga akan hadir Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, ke Sumbar dalam rangka tindak lanjut penjajakan kerjasama provinsi kembar antara Sumbar dengan Madinah.

Mahyeldi juga menginstruksikan dinas terkait berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota dalam upaya menciptakan suasana daerah yang kondusif dan nyaman bagi para pengunjung.

"Dalam tahun kunjungan itu nanti, kita juga akan mengajak para investor dan pelaku-pelaku industri ke Sumbar dan hotel-hotel akan penuh. Karena memang ini adalah salah satu tujuan kita, bagaimana membawa investor ke Sumbar," tegas Mahyeldi.

Editor: Sutan Kampai

Related Stories