TikTok Jadi Situs Paling Populer Sepanjang Tahun 2021

Download Lagu TikTok (The Guardian.com)

TikTok berhasil merebut posisi situs paling populer pada tahun 2021, yang sebelumnya telah diduduki oleh Google. Menurut data terbaru dari perusahaan keamanan web Cloudflare seperti yang dilansir dari laman The Hill, aplikasi TikTok berhasil menyalip raksasa teknologi lain seperti Amazon, Apple, Facebook, Microsoft, dan Netflix.

Aplikasi media sosial populer ini tampak mampu mengalahkan kepopuleran Google dan Facebook, di mana TikTok bisa menggaet banyak pengguna dengan meluncurkan fitur berbasis video seperti Reels di Instagram.

Menurut situs peringkat website Cloudflare, TikTok naik dari nomor 7 ke nomor 1 menjadi domain website teratas pada tahun 2021 dan mengalahkan Facebook pada tahun ini di domain media sosial dengan mendapatkan posisi pertama.

Perusahaan induk TikTok sendiri yaitu ByteDance yang berbasis di China adalah satu-satunya situs non Amerika Serikat yang masuk dalam 10 besar situs terpopuler tahun 2021 ini.

Salah satu alasan yang membuat pengguna berbondong-bondong menggunakan aplikasi yang menyediakan konten berbentuk video pendek secara massal pada tahun 2021 adalah pandemi COVID-19 yang telah memaksa setiap orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan dan jauh dari kerumunan atau kegiatan sosial di kehidupan nyata. Bahkan perilaku ini justru berlanjut saat pembatasan atau lockdown berakhir.

TikTok kini juga digunakan oleh banyak orang tidak terbatas usia mereka dan tidak hanya gen Z saja yang terpikat dalam platform ini. Dengan konten berdurasi pendek, tidak heran jika penggunanya betah untuk bisa menggeser layar berjam-jam menonton video pendek tersebut.

TikTok juga memberikan konten yang informatif seperti di YouTube, misalnya konten tips dan trik, resep masakan, cara menggunakan suatu software, dan sebagainya.

Berbeda dengan YouTube, TikTok memberikan durasi yang cukup pendek sehingga pengguna tidak kerepotan untuk menghabiskan waktu lama hanya untuk melihat satu konten saja. Hal ini tentu membuat banyak pengguna tetap bertahan untuk menggunakannya dan tidak cepat bosan. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories