Usai Bertemu dengan DPRD Sumbar, PII Siap Dorong Percepatan Pembangunan Daerah

Pertemuan pengurus PII dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi, Senin (31/1/2022). (dok DPRD Sumbar)

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) wilayah Sumatera Barat menegaskan komitmen untuk membantu percepatan pembangunan daerah.

PII siap bersinergi dalam rangka mendorong pembangunan di berbagai sektor. Komitmen itu ditegaskan pengurus PII dalam pertemuan dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi, Senin (31/1/2022).

"PII merupakan perkumpulan insinyur yang memiliki sumber daya manusia di berbagai bidang. Untuk kepengurusan periode ini kami ingin bersinergi lebih baik lagi dengan pemerintah provinsi dalam mendorong percepatan pembangunan daerah," kata Ketua PII Wilayah Sumbar Nasirman Chan dalam pertemuan tersebut.

Dia menegaskan, untuk mencapai tujuan itu, pihaknya akan mensinergikan program kerja PII ke depan dengan program pembangunan daerah.

Selain bertemu dengan pimpinan DPRD dan gubernur, PII juga akan melakukan pertemuan lebih lanjut dengan seluruh OPD terkait untuk pembahasan program lebih detail.

Dia menambahkan, Sumbar memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Baik di sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan sebagainya. Pembangunan infrastruktur juga harus terus dipacu.

"PII merupakan wadah berkumpulnya para lulusan keinsinyuran, tidak saja di bidang teknik namun ada 28 kejuruan yang seluruhnya sinkron dengan sektor-sektor potensial daerah," ujarnya.

"Potensi SDA Sumbar sangat besar, sementara PII memiliki ahli-ahli yang menguasai teknik di seluruh sektor tersebut. Tinggal melakukan sinergi program sehingga mendorong percepatan pembangunan daerah," tambahnya.

Menerima kunjungan pengurus PII tersebut, Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi menyampaikan apresiasi atas komitmen tersebut. Supardi menegaskan, pembangunan daerah tidak akan berjalan maksimal tanpa ada dorongan dari berbagai kelompok masyarakat.

"Pemerintah daerah tentunya sangat berharap dukungan dari berbagai pihak termasuk dari PII yang memiliki sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan untuk memberikan kontribusi dan sumbang pikir untuk percepatan pembangunan," kata Supardi.

Supardi menerangkan, Provinsi Sumbar telah menetapkan target-target pembangunan daerah melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Beberapa sektor telah diproritaskan sebagai unggulan sesuai dengan potensi daerah.

"Program prioritas itu membutuhkan campur tangan dari berbagai unsur, tidak terkecuali dari para insinyur di PII untuk menyumbangkan konsep dan gagasan sehingga pelaksanaan program pembangunan semakin terarah," ujarnya.

Dia berharap keberadaan PII sebagai sebuah organisasi para sarjana teknik dengan berbagai disiplin ilmu dapat mendorong percepatan pembangunan daerah yang tepat sasaran dan berkualitas.

Sehingga, hasil pembangunan tersebut dapat dinikmati dan bermanfaat maksimal untuk kesejahteraan masyarakat. (rilis)
 

Editor: Sutan Kampai

Related Stories