Waduh Parah! Ternyata 5 Aplikasi Ini yang Bikin Kuota Internet Jadi Cepat Habis

Waduh! 5 Aplikasi Ini Ternyata Bikin Kuota Internet Jadi Makin Boros (Pexels.com/cottonbro)

Kuota internet saat ini memang menjadi salah satu kebutuhan utama sehari-hari. Hal ini karena kita seolah tidak lagi bisa terlepas dari internet untuk melakukan kegiatan sehari-hari, mulai dari berbelanja, bekerja, belajar, dan sebagainya.

Namun, pemakaian kuota internet secara terus menerus tentu membuat Anda jadi boros, apalagi jika Anda tidak menggunakan layanan internet yang unlimited. Oleh karena itu, cara terbaik untuk lebih berhemat adalah dengan menghentikan penggunaan aplikasi yang sering menyedot kuota internet terlalu banyak sejak awal.

Berikut beberapa aplikasi yang kerap membuat kuota internet Anda jadi makin boros.

Aplikasi yang Membuat Kuota Internet Jadi Makin Boros

1. Aplikasi Layanan Streaming Video

Aplikasi streaming video seperti Netflix, Disney+, Hulu, Amazon Prime, YouTube, dan sebagainya memang saat ini sangat populer. Akan tetapi, layanan streaming video adalah salah satu penguras data internet berkecepatan tinggi terbesar. 

2. Layanan Streaming Musik

Layanan streaming musik seperti Spotify dan Pandora juga akhir-akhir ini mengalami peningkatan popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Layanan streaming audio dan musik memang menggunakan lebih sedikit bandwidth daripada video. Namun, jika Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa menyimpan musik yang diunduh secara offline daripada harus streaming langsung.

3. Platform Media Sosial

Banyaknya media sosial membuat Anda sering browsing dan menjelajahi berbagai konten di berbagai media sosial tersebut. Meski penjelajahan rutin di media sosial tidak begitu menggunakan banyak bandwidth internet berkecepatan tinggi, pemutaran video secara otomatis seperti yang ada di Twitter, Instagram, TikTok, dan Facebook juga dapat membuat kuota internet Anda jadi makin boros.

4. Game Online

Game yang paling banyak menggunakan bandwidth adalah game yang menggunakan konten audio dan video yang diunduh dari internet. Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih menghemat kuota internet, sebaiknya Anda lebih bijak mengatur waktu Anda saat bermain game online.

5. Aplikasi Obrolan Video

Aplikasi ini meliputi FaceTime, atau WhatsApp Video, Zoom, atau Google Meet yang memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan video. Meski memudahkan Anda terhubung dengan banyak orang apalagi saat sedang bekerja di rumah, aplikasi ini cukup banyak menggunakan data paket Internet Anda. Salah satu cara untuk membantu mengurangi jumlah data yang digunakan adalah dengan membatasi ukuran dan resolusi video. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan
Egi Caniago

Related Stories