Warga Panik, Gunung Semeru Erupsi

Erupsi Gunung Semeru (cuplikan video di gruop WA)

Gunung Semeru yang berada di wilayah Lumajang Jawa Timur erupsi pada Sabtu (4/12) pukul 14.50 WIB. 

Hingga saat ini warga yang berada di seputar wilayah gunung tertinggi di Pulau Jawa ini mulai menjauh dari bukit.

Sejumlah akun yang terkait Gunung Semeru seperti @dolansemeru mengabarkan kondisi erupsi yang hingga sore ini masih berlangsung.

Dikuip dari halojatim.com dari sejumlah video yang beredar di media sosial, warga berlarian menjauh dari bukit.

Terlihat gulungan awan panas membumbung tinggi mengepung wilayah-wilayah dekat gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter itu.

Sementara itu, Koordinator Mitigasi Gunungapi Pusat Vilkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto mengatakan meletusnya Gunung Semeru diawali dengan mengeluarkan lahar panas pada pukul 13.30 WIB.

"Erupsi Gunung Semeru berupa awan panas guguran pada 4 Desember 2021, diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB," dalam keterangannya, Sabtu, 4 Desember 2021.

Selanjutnya, Kristianto mengatakan, pihaknya telah melakukan pengamatan dari Pos PVMBG di dekat Gunung Semeru, Puncak Mahameru, namun saat itu tertutup kabut.

Saat ini, Kawasan Gunung Semeru tertutup awan panas yang berguguran mengarah ke Besuk Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

"Pada saat kejadian awal visual gunung tertutup kabut. Awan panas berguguran mengarah ke Besuk Kobokan dan hingga saat ini masih berlangsung," tambah Kristianto.

Editor: Sutan Kampai

Related Stories