Pembangunan Arena Sirkuit F1 di Bintan Terus Dikebut

F1 (ist)

Pembangunan Arena Sirkuit Formula 1 (F1) di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau seluas 237 hektare terus dikebut. 

Terkait rencana kehadiran Presiden RI, Jokowi Widodo ke Bintan ini,  disampaikan langsung oleh ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat Bambang Soesatyo yang juga ketua MPR RI pada rapat koordinasi percepatan pembangunnan sirkuit  F1 BIC, Kamis 14 April 2022 lalu di Jakarta. Formula 1, sendiri, telah dilangsungkan di 21 negara di 5 benua.

“Direncanakan Presiden akan turun untuk meletakan batu pertama pembangunan F1 BIC. Investasi untuk pembangunan infrastruktur strategis dibidang olahraga ini mencapai pada angka Rp1,2 triliun,” ujar Bambang.

GM Gallant Venture Frans Gunara mengatakan, tahapan demi tahapan progres pembangunan sirkut BIC  terus digesa bersama oleh pihak-pihak yang terlibat langsung dengan rencana ini. Terutama dalam menentukan rencana site plan maupun design sircuit serta model bisnis yang akan di kembangkan nantinya.

“Proses terus berjalan, kami terus menggesa persiapan-persiapan yang dibutuhkan untuk pembangunan itu nanti,” ujar Frans Gunara.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sangat mendukung rencana ini dengan menyiapkan kemudahan regulasi maupun pelayanan perizinan yang di butuhkan. Ansar berharap pembangunan sirkuit BIC ini akan menambah kepercayaan publik, khususnya investor untuk dapat menanamkan investasinya di Kepulauan Riau.

"Kami berharap, kedepannya jumlah kunjungan wisatawan asing dengan hadirnya sirkuit ini akan memberikan multiplier effect ekonomi dalam percepatan pemulihan ekonomi," ujar Gubernur Ansar.

Turut hadir dalam kesempatan ini GM Gallent venture Frans Gunara, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Ketua IMI Bambang Soesatyo serta jajaran pengurus, termasuk hadir juga pembina IMI Tinton Suprapto. Terkait site plane dari rencana sirkuit BIC.  Dalam kesemparan ini telah di presentasikan rencana persiapannya oleh konsultan Populous dari Inggris, Mr Andrew. Ia merupakan konsultan internasional yang telah banyak mendesign arena motorsport.

Sikuit ini direncakana bisa untuk F1 dan balap roda 2. Direncanakan di lintasan sirkuit ada 17 tikungan untuk motor roda dua, serta 18 tikungan untuk formula 1. Tim konsorsium, saat ini sedang mematangkan rencana pengambangan bisnis di kawasan bintan International Circuit. Ditargetkan pada Mei 2022 semua rencana bisnis kelar. 

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories