Rutin Lakukan 8 Olahraga Ini untuk Usia yang Lebih Panjang

8 Jenis Olahraga yang Terbukti Memperpanjang Usia (Health.com)

JAKARTA – Menjalani gaya hidup sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Jika Anda ingin tetap sehat dan memiliki umur panjang, penting untuk mengadopsi kebiasaan hidup sehat, yang utamanya mencakup pola makan bergizi dan olahraga teratur.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, umur harapan hidup (UHH) penduduk Indonesia mencapai 73,93 tahun pada tahun 2023. BPS menyebut, UHH tahun 2023 naik sebesar 0,23 tahun atau 0,31% dibandingkan dengan tahun 2022, yang berada di angka 73,70 tahun.

BPS menunjukkan, angka harapan hidup (AHH) perempuan di Indonesia lebih tinggi daripada laki-laki selama empat tahun terakhir. Pada tahun 2023, AHH perempuan Indonesia mencapai 76,37 tahun, lebih tinggi dibandingkan AHH laki-laki yang tercatat sebesar 71,61 tahun pada tahun yang sama.

Meski demikian, AHH untuk laki-laki dan perempuan pada tahun 2023 lebih tinggi dibandingkan tahun 2022. Rinciannya, AHH laki-laki sebesar 71,46 tahun dan perempuan sebesar 76,05 tahun. AHH pada tahun 2022 juga lebih tinggi dibandingkan tahun 2020 dan 2021. Setiap tahunnya, selama empat tahun terakhir, AHH terus mengalami peningkatan.

Nah, terkait hal tersebut, Anda dapat hidup lebih lama dari angka harapan hidup tersebut dengan rutin melakukan beberapa jenis olahraga tertentu. Lakukan olahraga ini secara teratur agar tetap sehat dan berumur panjang.

Olahraga yang Bisa Memperpanjang Usia

Dilansir dari Health Shots, berikut beberapa olahraga yang bisa memperpanjang umur, antara lain:

1. Badminton

Melakukan badminton atau bulu tangkis selama 1,5 jam setiap minggu secara teratur dapat menambah harapan hidup hingga 6,2 tahun. Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, memperbaiki fungsi kognitif dengan melatih konsentrasi, mengurangi stres, dan membantu membakar kalori.

Rata-rata seseorang dengan berat badan 45–70 kg dapat membakar sekitar 260–400 kalori per jam saat bermain badminton. Ini adalah pilihan yang baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

2. Tenis

Tenis merupakan salah satu olahraga tertua di dunia yang menawarkan berbagai manfaat, seperti memperbaiki kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot, serta mengurangi tingkat stres.

Penelitian menunjukkan bahwa bermain tenis lapangan dapat menambah usia hidup hingga 9,7 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif berolahraga. Secara rata-rata, para pemain tenis menghabiskan waktu sekitar 103 menit atau sekitar 1,5 jam setiap minggunya untuk berlatih secara rutin.

3. Berlari

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menunjukkan, berapa pun jumlah lari yang dilakukan dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan semua jenis kanker.

Menurut Kaur, berlari dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu membangun tulang yang kuat, memperkuat otot, dan membantu menjaga berat badan yang sehat, sehingga meningkatkan umur panjang.

4. Sepak Bola

Olahraga yang dilakukan secara kelompok ini terbukti dapat memperpanjang harapan hidup hingga 4,7 tahun dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif. Rata-rata, peserta olahraga ini melakukannya sekitar 2 jam setiap minggu.

Meskipun umumnya dimainkan oleh pria, wanita juga bisa berpartisipasi dalam sepak bola. Sepak bola membantu meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan, serta memperkuat otot dan tulang.

5. Aerobik

Aktivitas fisik semacam ini menggabungkan peregangan dengan latihan kekuatan. Latihan ini memiliki berbagai macam manfaat, beberapa di antaranya termasuk meningkatkan fungsi kognitif, mengendalikan kadar gula darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut sebuah penelitian Neurology, latihan aerobik secara rutin dapat meningkatkan kualitas hidup dengan memperbaiki kesehatan mental. Anda hanya perlu melakukan latihan aerobik selama 25-30 menit setiap hari untuk merasakan manfaat ini.

6. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga menyenangkan dan ramah lingkungan yang bisa dilakukan di berbagai tempat, seperti saat pergi kerja, berkeliling lingkungan sekitar, atau di jalur sepeda. Bersepeda adalah olahraga kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, membantu membakar kalori, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, memperkuat tulang, serta mengurangi stres.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Sports Medicine, orang yang rutin bersepeda ke tempat kerja atau sekolah cenderung memiliki hidup yang lebih panjang dan sehat. Anda dapat mengembangkan kebiasaan bersepeda jika Anda juga ingin hidup lebih lama.

7. Berenang

Berenang adalah kegiatan yang wajib dilakukan jika Anda ingin berumur panjang. Seluruh tubuh Anda akan aktif, yang membuatnya lebih fleksibel dan kuat. Berenang juga akan meningkatkan kekuatan otot dan kebugaran kardiovaskular Anda.

Bahkan, berenang dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Secara keseluruhan, berenang adalah latihan seluruh tubuh. Berenang memperlambat penuaan, memperkuat paru-paru dan jantung Anda, serta dapat menurunkan risiko kematian mendadak.

8. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu cara yang paling aman dan sederhana untuk meningkatkan kebugaran serta kesehatan, termasuk kesehatan jantung, seperti yang diungkapkan dalam penelitian yang disajikan pada American Heart Association’s Epidemiology, Prevention, Lifestyle and Cardiometabolic Health Conference 2021.

Penelitian menunjukkan, berjalan kaki dapat memperpanjang umur. Jika Anda tidak memiliki waktu khusus untuk berjalan kaki, Anda masih bisa melakukannya sambil menjalankan aktivitas sehari-hari di rumah. Berjalan kaki memiliki manfaat bagi kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes, kanker, dan berbagai penyakit lainnya.

Selain meningkatkan kualitas hidup, olahraga yang telah disebutkan di atas sangat baik untuk mengurangi stres dan kelelahan. Maka, jadikan olahraga tersebut bagian dari rutinitas Anda! Semoga bermanfaat.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 18 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 22 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories