Waduh, Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Bisa Curi Password Facebook

Hati-hati! Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Ini Bisa Curi Password Facebook Anda (Pexels.com/Pixabay)

Anda tentu sering melihat beberapa orang yang menggunakan foto profil atau mengunggah foto hasil aplikasi edit foto jadi kartun.  Akan tetapi, jika Anda ingin mencobanya sebaiknya Anda lebih berhati-hati. 

Aplikasi pihak ketiga yang memberikan layanan untuk mengedit dan menyempurnakan foto dan video memang berpotensi membuat informasi diri Anda jadi lebih rentan. Aplikasi tersebut dapat mengambil informasi pribadi kita kepada scammer dan pencuri.

Seperti yang dilansir dari laman Tech Story, aplikasi Craftsart Cartoon Photo Tools diketahui telah menggunakan login Facebook pengguna untuk tujuan penipuan. Dikabarkan bahwa aplikasi tersebut berisi Trojan dalam bentuk FaceStealer yang dapat digunakan untuk menipu. 

Perangkat lunak tersebut meminta login dan kata sandi Facebook Anda, tapi kemudian membawa Anda ke beberapa server Rusia yang tidak dikenal, tempat informasi pribadi dan rahasia Anda seperti profil, nomor kartu kredit, pencarian, dan pesan disimpan.

Saat ini, Google telah menonaktifkan aplikasi tersebut. Namun, masih ada kemungkinan ribuan orang lainnya masih menggunakan aplikasi tersebut dan mengalami dampak negatifnya. Jika Anda masih memiliki aplikasi tersebut di ponsel Anda, segeralah untuk menghapusnya.

Menurut Google Play Store, aplikasi Craftsart Cartoon Photo Tools ini telah diunduh lebih dari 100.000 kali. Hal itu menunjukkan bahwa aplikasi ini telah digunakan oleh banyak pengguna. Jika Anda salah satu orang yang pernah menggunakannya, segeralah uninstall aplikasi tersebut dan perbarui kata sandi atau password Facebook Anda. 

Selain itu, untuk melindungi Anda di masa mendatang, pastikan untuk menggunakan aplikasi yang benar-benar terverifikasi. Anda juga bisa melindungi ponsel Anda dan informasi pribadi yang ada di dalamnya dengan mengikuti cara seperti berikut. 

1. Buka Google Play Store > Profil > Play Protect > Pengaturan > Aktifkan Google Play Protect. Jika sudah mengaktifkan Play Protect, maka Anda dapat memindai aplikasi yang ada di ponsel Anda.

2. Buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan sistem untuk memeriksa pembaruan keamanan di ponsel Anda. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Sutan Marajo

Related Stories