Sering Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Manfaat Konsumsi Buah-buahan Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Buah-Buahan (Freepik.com)

JAKARTA - Mengonsumsi buah-buahan tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini karena buah-buahan mengandung nutrisi seperti vitamin dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Namun, menurut World Health Organization (WHO), ada 2,8% atau sekitar 1,7 juta orang yang mengalami kematian karena kurangnya asupan buah dan sayur. Maka, WHO menyarankan setiap individu untuk mengonsumsi setidaknya 150 gram buah setiap hari.

Kalian bisa memenuhi asupan ini dengan mengonsumsi jeruk, melon, papaya, pir atau buah lain yang kalian suka. Tetapi ingat, jumlah minimal adalah 150 gram per hari, dalam batas wajar untuk mendapatkan nutrisi maksimal, selain itu perlu diimbangi dengan asupan makanan sehat lainnya.

Lantas, apa saja manfaat buah-buahan bagi tubuh? Yuk, simak!

Manfaat Buah Bagi Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Fungsi utama sistem pencernaan dalam tubuh adalah mencerna dan menyerap nutrisi serta cairan yang terkandung dalam makanan.

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, dibutuhkan konsumsi buah yang mencakup berbagai kandungan seperti serat, air, dan antioksidan. Kombinasi ini dapat membantu memelihara kesehatan seluruh sistem pencernaan.

2. Menjaga Kehidratan Tubuh

Menjaga tubuh tetap terhidrasi memiliki peran penting dalam meningkatkan fungsi pencernaan, metabolisme, kinerja otak, dan kesehatan seluruh tubuh.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi delapan gelas air putih setiap hari. Selain air putih, buah-buahan juga dapat menjadi alternatif untuk menjaga kecukupan hidrasi tubuh.

Beberapa jenis buah memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat dicoba, contohnya semangka yang mengandung sekitar 92% kadar air.

3. Memenuhi Asupan Vitamin, Nutrisi, dan Mineral

Untuk menjaga kesehatan tubuh, penting bagi kita untuk memastikan kecukupan nutrisi, vitamin, dan mineral. Ini dapat terpenuhi melalui konsumsi berbagai jenis buah. Hampir semua jenis vitamin dapat ditemukan dalam berbagai buah.

Buah-buahan menyediakan sejumlah vitamin, seperti Vitamin A, B, B1, B6, dan C, mineral, dan serat pangan.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah berperan dalam menjaga metabolisme tubuh dan melawan senyawa-senyawa hasil oksidasi, termasuk radikal bebas yang dapat berdampak buruk pada tubuh.

4. Mencegah Penyakit Serius

Menurut WHO, penyakit jantung koroner (ischaemic heart disease) merupakan salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Jadi, untuk menghindari risiko tersebut, disarankan untuk mengonsumsi buah secara teratur.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah secara konsisten dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, stroke, kanker, dan kondisi serius lainnya.

5. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan dan dapat menimbulkan dampak negatif seperti stres oksidatif, stroke, alzheimer, bahkan kanker, jika tidak diatasi dengan baik. Untuk menghadapi ini, diperlukan zat antioksidan.

Penting untuk diketahui hampir semua buah mengandung zat antioksidan. Dengan mengonsumsi buah secara teratur, diharapkan tubuh dapat menerima pasokan zat antioksidan yang cukup untuk melawan efek buruk dari radikal bebas.

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Pada prinsipnya, buah-buahan dikenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan kinerja otak, terutama jenis buah beri seperti strawberry, blueberry, blackberry, blackcurrant, cranberry, dan sejenisnya.

Buah beri ini kaya akan antioksidan yang dapat memperkuat daya ingat, menghambat penuaan sel otak, dan mencegah kehilangan ingatan jangka pendek.

7. Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Menurut WHO, seseorang disarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25-29 gram setiap hari guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Selain itu, serat juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan usus dengan mencegah masalah sembelit, wasir, dan divertikulosis. Nah, kandungan serat ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis buah.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah-buahan mengandung berbagai vitamin C dan vitamin D yang diyakini dapat menjaga massa otot dan kesehatan tulang.

Menurut penelitian Florida State University pada 2011, mengkonsumsi buah plum kering dapat berperan dalam mencegah osteoporosis.

Selain itu, penelitian dari University of East Anglia menemukan alpukat juga memiliki manfaat untuk membentuk tulang yang lebih kuat.

9. Memberikan Energi

Salah satu keunggulan buah-buahan adalah membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil. Saat gula darah menurun, tubuh membutuhkan asupan energi yang cukup besar. Dengan kata lain, jika kadar gula darah rendah, kemungkinan merasa lelah menjadi lebih tinggi.

Maka, penting bagi kita untuk mengonsumsi buah-buahan guna menjaga ketersediaan energi dan memungkinkan kita untuk menjalani berbagai aktivitas dengan optimal.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah-buahan mengandung antioksidan yang efektif dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dan kulit yang kusam. Oleh ebab itu, penting untuk secara teratur mengonsumsi buah-buahan guna menjaga kulit tetap sehat dan elastis.

Selain itu, buah seperti alpukat juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Kandungan vitamin C dalam buah juga merangsang produksi kolagen, suatu protein berserat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah-buahan. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk mengkonsumsinya setiap hari!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 02 Dec 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 04 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories